Hore…Arsenal Jawara Community Shield 2023

Monday 7 Aug 2023, 7 : 37 am
by
Para pemain Arsenal merayakan kesuksesan mereka menjuarai ajang Community Shield setelah mengalahkan Manchester City di Stadion Wembley, Minggu 6 Agustus 2023. (Sumber foto: ESPN)

LONDON-Siapa bilang Manchester City yang begitu perkasa sepanjang musim 2022-2023 tidak bisa dikalahkan? B

uktinya, mereka keok di tangan Arsenal pada ajang Community Shield 2023.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Minggu 6 Agustus 2023 itu, Manchester City menyerah pada Arsenal lewat adu tendangan penalti, setelah bermain imbang 1-1 sepanjang waktu normal.

Pada laga tersebut, Manchester City sebenarnya unggul terlebih dahulu lewat gol Cole Palmer pada menit ke-77 sebelum disamakan Leandro Trossard menit ke-90+11.

Manchester City sebenarnya menguasai jalannya pertandingan di babak pertama, meskipun Arsenal yang mendapat peluang lebih banyak.

Pemain anyar Arsenal yang direkrut dari Chelsea pada musim panas 2023, Kai Havertz dua kali memiliki peluang emas untuk menghasilkan gol, tetapi diselamatkan oleh Stefan Ortega.

Di babak kedua, pasukan Pep Guardiola memiliki peluang juga lewat sundulan John Stones, sebelum kebutuan akhirnya dipecahkan Cole Palmer.

Namun gol ini dibalas Arsenal lewat bola benturan Leandro Trossard pada menit ke-90+11.

Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga laga usai.

Alhasil pemenang laga ini ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Empat penendang Arsenal sukses menjadi algojo, sedangkan di sisi Manchester City hanya satu pemain yang berhasil menjalankan tugasnya.

Bagi Arsenal, gelar ini menjadi pembuka untuk gelar-gelar lain yang diperjuangkan pada musim ini.

Gelar ini pula menjadi suntikan kepercayaan diri yang bagus bagi pasukan Mikel Arteta dalam bersaing dengan Manchester City dan tim-tim elite Inggris lainnya sepanjang satu musim ke depan.

Adapun Community Shield adalah pertandingan antara jawara Premier League dan Jawara Piala FA.

Namun karena kedua gelar itu direbut Manchester City musim lalu, maka Arsenal sebagai runner up Premier League menjadi lawan yang pas bagi Manchester City.

Laga Community Shield juga selalu beraroma laga persahabatan karena digelar satu pekan sebelum kompetisi resmi Premier League berlangsung.

Sebagai laga pemanasan sebelum musim bergulir, masih banyak pelanggaran dan kesalahan yang terjadi pada laga ini. Itu dilakukan oleh kedua tim.

“Bagi kami ini adalah sebuah pernyataan kepada setiap orang bahwa kami bisa mengalahkan Manchester City pada laga-laga besar,” kata kiper Arsenal Aaron Ramsdale kepada ITV.

Dia melanjutkan, “Saya tidak yakin seperti apa musim ini akan berjalan. Namun dari sudut mental, kami sudah sangat siap.”

Sementara itu, pencetak gol City Cole Palmer meminta teman-temannya untuk segera melupakan kekalahan dari Arsenal ini dan tetap angkat kepala menatap musim 2023-2024.

“Semoga kami bisa meraih treble lagi, meskipun kami sadar ini tuntutan yang sangat sulit. Teman-teman sangat tajam di sesi latihan,” kata Cole Palmer.

Adapun terkait golnya, Cole Palmer mengakui apa yang dilakukannya itu tidak terlepas dari arahan pelatih Pep Guardiola. “Begitu saya menguasai bola, Pep meminta saya tetap menjadi diri sendiri. Saya memotong masuk dan dan melihat ke tiang jauh sebelum melepas tendangan. Puji Tuhan bolanya masuk ke gawang,” pungkasnya. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gernas BBI Dongkrak Kinerja Pelaku UMKM

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pencanangan Gerakan Nasional (Gernas)

Dituding Ijazah S3 Palsu, Menpar Ngaku Lulus Cumlaude

JAKARTA-Pihak Istana sudah mengetahui informasi adanya menteri Kabinet Kerja yang