Humpuss Maritim Internasional Beli Kapal Tanker Senilai US$7,55 Juta

Wednesday 24 Jan 2024, 6 : 11 pm
PT Humpuss Maritim Internasional Tbk

JAKARTA-Manajemen PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) mengungkapkan, Perseroan melalui anak usahanya, yakni PT Hutama Trans Kencana (MATRANS) telah melakukan pembelian satu unit kapal tanker (chemical tanker) senilai US$7,55 juta pada 16 Januari 2024.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (24/1/2024) mengemukakan, penjual kapal tanker tersebut adalah New Glory Shipping S.A., perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Panama dan berdomisili di Panama. New Glory Shipping S.A tersebut tidak terafiliasi dengan HUMI.

“Sumber pendanaan untuk pembelian kapal tersebut 80% berasal dari pinjaman bank dan sisanya dari keuangan internal,” tulis Tirta dalam keterangannya. Pembelian kapal dilakukan untuk pengembangan usaha entitas anak perseroan.

Tirta menegaskan, transaksi pembelian kapal ini bukanlah transaksi afiliasi sebagaimana didefinisikan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan.

Selain itu, lanjut Tirta, transaksi tersebut juga tidak berdampak langsung terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, ataupun kelangsungan usaha perseroan.

Tahun ini, manajemen HUMI menargetkan laba bersih sebesar US$17,71 juta, sekitar 20,5% di atas realisasi laba bersih US$14,70 juta pada tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR Desak Sahkan UU Energi Panas Bumi

JAKARTA-Ketua Pansus Energi Panas Bumi DPR RI, Nazaruddin Kiemas menegaskan

Revisi UU BPK Agenda Tersebulung Agung Sampurno Agar Bisa Jabat Sampai 3 Periode

JAKARTA-Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mensinyalir