Penuhi Kebutuhan Methanol, Humpuss Maritim Internasional Beli Kapal Tanker Senilai US$6 Juta

Tuesday 14 Nov 2023, 10 : 26 pm
PT Humpuss Maritim Internasional Tbk

JAKARTA-PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), emiten yang bergerak di segmen transportasi energi dan jasa maritim terintegrasi telah melakukan penambahan armadanya dengan pembelian kapal Oil & Chemical Tanker yang akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni methanol.

HUMI merealisasikan pembelian satu unit Oil & Chemical tanker dari 3 unit yang ditargetkan pada CAPEX 2023.

Kapal dengan 8,821 DWT bernilai US$6 juta diserahterimakan di Batam pada Rabu (08/11/2023).

Tirta Hidayat, Direktur Utama HUMI mengemukakan, pembelian kapal Oil & Chemical Tanker tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi Perseroan dalam memenuhi kebutuhan methanol yang terus meningkat.

Peningkatan permintaan terhadap methanol merupakan dampak dari diperlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, dimana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, methanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat.

“Selain itu, bukan hanya methanol yang menjadi ‘driver’ sektor kimia atau chemical ini. Berkembangnya industri nikel yang akan meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan caustic soda dan asam sulfat. Caustic soda dan asam sulfat ini sangat dibutuhkan oleh pabrik smelter dan juga pabrik baterai di Indonesia,ungkap Tirta dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (14/11).

Dengan demikian, menurut Tirta, PT PCS Internasional (PCSI) selaku anak usaha dari HUMI telah memiliki enam unit kapal chemical yang akan mendorong pertumbuhan bisnis Perseroan.

Tirta menambahkan, sektor bisnis angkutan petrokimia domestik khususnya angkutan methanol telah mencatatkan kinerja positif selama tiga tahun terakhir karena terjadi lonjakan muatan FAME terkait kebijakan pemerintah terhadap penggunaan Biosolar (B30) yang cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

UNVR, ASII, BBCA, AALI, BSDE, TLKM, SMGR

IHSG Diprediksi Mixed Cenderung Menanjak, Buy ELSA, OASA, WINS dan BMRI

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini,

Cukai Rokok Naik, Petani Tembakau Bisa Bangkrut

JAKARTA-Pemerintah terus menaikkan cukai rokok hingga 10% pada 2015. Langkah