Indonesia Jauh dari Resesi Ekonomi

Wednesday 26 Aug 2015, 4 : 39 pm
by
Gedung Bank Indonesia (BI)

JAKARTA – Kendati nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah berada di bawah nilai fundamentalnya (undervalued) dan mengalami depresiasi yang terlalu dalam (overshoot), namun kondisi perekonomian nasional masih jauh dari krisis.

Berdasarkan kajian Bank Indoensia (BI), perekonomian Indonesia akan tumbuh baik pada tahun depan.

“Antara BI dan Pemerintah Pusat maupun Daerah, sebelum reshuffle sudah bekerjsama. Yang penting terus (optimistis) dari pelaku usaha. Kita jauh dari krisis,” tegas Gubernur BI, Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (26/8).

Menurut Agus Marto, dalam kurun 12 tahun terakhir, secara umum kondisi fiskal Indonesia tidak mengalami masalah.

Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dan DPR untuk tetap menjaga defisit fiskal di bawah 3 persen.

Baca juga :  Ekonomi Indonesia Masih Tumbuh Melambat

“Bahkan, selalu terjaga tidak lebih dari 2,5 persen,” kata Agus Marto yang sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Namun demikian, jelas dia, guna memperbaiki pertumbuhan ekonomi yang masuk dalam tren perlambatan, pemerintahan Joko Widodo diharapkan tetap konsisten untuk mempercepat pencairan anggaran belanja modal di APBN-P 2015 maupun APBD 2015.

“Bangun infrastruktur, supaya bisa memberikan sinyal positif bagi industri. Kalau (belanja modal) dikeluarkan, kan akan memancing (sektor-sektor) yang lain untuk bergerak,” jelas Agus Marto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Jokowi-Prabowo, Sosok Negarawan Sejati

JAKARTA-Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

OJK Resmikan TPAKD dan Satgas Waspada Investasi Sulteng

PALU-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah