Ini Alasan TOWR Caplok SUPR Melalui Protelindo

Tuesday 5 Oct 2021, 8 : 03 pm
by
Dengan ini kami untuk dan atas nama TOWR menyampaikan keterbukaan informasi atas transaksi material sehubungan dengan pembelian saham-saham SUPR oleh Protelindo, anak usaha perseroan
PT Solusi Tunas Pratama Tbk

JAKARTA-Pengambilalihan saham-saham PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang merupakan anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) diharapkan bisa memperluas jaringan usaha maupun melengkapi portofolio Protelindo.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur Utama Sarana Menara Nusantara, Adam Gifari dalam keterbukaan informasi TOWR yang diterbitkan di Jakarta, Selasa (5/10).

“Dengan ini kami untuk dan atas nama TOWR menyampaikan keterbukaan informasi atas transaksi material sehubungan dengan pembelian saham-saham SUPR oleh Protelindo, anak usaha perseroan,” ujar Adam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Protelindo telah mengambil alih SUPR dengan membeli sebanyak 1.069.614.676 lembar saham atau setara dengan 94,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam SUPR.

Dengan harga pembelian Rp15.640,51 per saham, maka nilai transaksi pengambilalihan ini mencapai Rp16,73 triliun.

“Tujuan pengambilalihan SUPR oleh Protelindo adalah untuk pengembangan usaha Protelindo dan perluasan jaringan usaha, agar dapat memperkuat posisi Protelindo sebagai pemilik dan operator tower independen dalam rangka melayani operator telekomunikasi Indonesia,” ujar Adam dalam keterbukaan informasi TOWR.

Dia menyampaikan, SUPR merupakan salah satu perusahaan menara telekomunikasi terdepan di Indonesia, dengan 6.780 menara dan 12.500 penyewaan, serta lebih dari 9.000 kilometer jaringan kabel fiber optic.

Selain menyewakan menara telekomunikasi, SUPR juga menyediakan layanan fiber optic backhaul capacity dan layanan lain yang terkait dengan operator jaringan telekomunikasi hingga penyedia jasa internet.

“Protelindo melihat bahwa portofolio milik SUPR akan semakin melengkapi portofolio yang dimiliki oleh Protelindo saat ini. Transaksi pengambilalihan ini akan memperkuat posisi Protelindo sebagai perusahaan tower independen terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 28.300 tower dan hampir 53.000 tenant, serta rasio tenancy mendekati 1,9x”.

Manajemen TOWR menyebutkan, SUPR memiliki fokus signifikan atas pendapatan dari Top-3 operator, sehingga akuisisi ini akan semakin memperkuat profil pelanggan Tier-1 Protelindo.

Selanjutnya, Protelindo akan melakukan integrasi terhadap portofolio milik SUPR ke dalam milik Protelindo secara efektif untuk meminimalisir gangguan operasional kepada pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua DPR RI Puan Maharani/Foto: Dok DPR RI

Bahasa Indonesia Resmi Digunakan UNESCO, Puan: Kebanggaan Buat Rakyat RI

JAKARTA-Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyambut gembira penetapan

Jalur Pantura, PUPR: Tidak Ada Skema Contraflow Mudik Lebaran 2022

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar