IPA PDAM TB Terlantar, Yan Sandi : Negara Berpotensi Rugi Hingga Rp60 Miliar

Thursday 16 Nov 2017, 10 : 32 pm

TANGERANG-Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang hingga saat
ini belum juga difungsikan, dari sejak dihentikan operasional sejak 2014 lalu.

Menyikapi hal ini Yan Sandi, Koordinator LSM Lembaga Pemantau Penyelengara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) menyatakan penghentian operasional IPA PDAM TB tersebut bisa menimbulkan potensi kerugian negara puluhan miliar rupiah.

“Berdasarkan data yang kami dapat kapasitas IPA yang dimiliki PDAM TB itu mencapai 370 liter perdetik, jika dikalkulasikan 1 liter perdetik menghabiskan biaya investasi Rp150 juta hingga Rp200 juta. Maka potensi kerugian yang ditanggung oleh PDAM TB bisa mencapai Rp60 miliar,” ujar Yan Sandi kepada wartawan.

Sampai saat ini, tambah Yan Sandi, pihaknya tidak mengetahui apa yang menjadi dasar kebijakan hingga PDAM TB menghentikan operasional IPA yang dibiayai menggunakan APBD Kota Tangerang sejak dari PDAM TB Kota Tangerang berdiri pada tahun 1999 lalu.

Baca juga :  Harga Grosir Naik 2,03% Pada Desember 2015

“IPA ini sudah dihentikan oleh PDAM TB sejak 2014 lalu, hampir 3 tahun, berdasarkan informasi yang didapat hal ini dilakukan karena sudah
beroperasinya IPA yang dimiliki oleh PT Moya Indonesia Tangerang, perusahaan swasta yang saat ini sedang melakukan investasi di pengelolaan air di Kota Tangerang,” kata Yan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Teknologi Blockchain Mampu Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

JAKARTA–Pemerintah menegaskan teknologi blockchain dapat berfungsi untuk optimalisasi distribusi dana

Diduga Korupsi Uang Pajak, PT Angkasa Pura Harus Tertibkan Perusahaan Cargo PT. UII

JAKARTA-Modus manipulasi uang pajak semakin canggih dan bervariasi. Salah satu