IPW Minta Kapolda Jateng Bongkar Mafia Kayu Ilegal di Perhutani Grobogan

Sunday 1 May 2022, 9 : 24 pm
by
Sugeng Teguh Santoso Ketua Indonesia Police Watch (IPW)

JAKARTA-Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Lutfi harus menurunkan tim untuk menyelidiki dugaan ilegal logging kayu jati milik Perhutani Welahan di Kabupaten Grobogan.

Pasalnya, proyek penjarangan kayu jati itu sebagian keluar dikirim ke Jepara dengan diduga menggunakan surat aspal (asli tapi palsu).

Hal ini disampaikan Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/5).

Berdasarkan informasi masyarakat yang dilaporkan kepada IPW menyebutkan bahwa penjualan kayu-kayu jati ilegal tersebut sudah dilaporkan ke Ditkrimsus Polda Jateng beberapa waktu lalu melalui seorang perwira polisi.

Namun, laporan informasi tersebut tidak mendapat respon dan kegiatan penyelundupan itu tetap berlangsung.

Bahkan IPW menyampaikan langsung pada Kapolres Grobogan terkait informasi ini dengan data sumber informasi, dan nama-nama terduga pelaku yang didapat dari infornasi masyarakat.

Menurutnya, proyek penjarangan kayu jati oleh Perhutani Welahan di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ini diperkirakan sudah berjalan hampir satu bulan.
Karena, seringkali, barang bukti kayu tebangan tersebut ditaruh di tanah pekarangan warga Desa Lebak.

“Setiap harinya, hasil kayu yang diperoleh, diperkirakan sebanyak empat sampai lima truk dengan volume enam sampai tujuh kubik per truknya,” tuturnya.

Adapun total kayu yang dihasilkan minimal 24 kubik kayu jati per harinya.

Menurut informasi masyarakat dua truk dimasukkan ke Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Sumber Rejo.

Sedangkan yang dua truk lainnya diduga dibawa keluar dengan disertai surat aspal ke Jepara melalui jalur Welahan, Purwo, Ciroton , Kayen.

“Artinya, kalau ini memang benar, ada penyelewengan dan penyelundupan kayu di Perhutani Welahan, Kabupaten Grobogan,” terangnya.

Modusnya, diduga pelaku bekerjasama dengan pegawai perhutani, dimana penebang mendapat kontrak tebang luasan lahan terbatas.

Tetapi, penebang menebang melebihi luasan kerja yang ada di kontrak kerjanya.

Oleh sebab itu, IPW mendesak Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi untuk menurunkan tim membongkar permainan kayu ilegal di Perhutani Welahan Grobogan.

“Bisa jadi, permainan ini juga terjadi di wilayah lainnya di Jawa Tengah. Padahal, misi Perhutani adalah mengoptimalkan bisnis kehutanan dengan prinsip good corporate governance,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sudah Masuk RBB 2016, BRI Siap Merambah ke Bisnis Sekuritas

JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk memastikan perseroan sudah siap merambah
Bank DKI bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (FEB Unpad) dan Politeknik STIA LAN dalam pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan dan pendidikan, yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, di Bandung/Foto: Dok Bank DKI

Bank DKI Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Padjajaran dan Politeknik STIA LAN

BANDUNG–Bank DKI Jakarta semakin aktif memperluas layanan finansial dengan memaksimalkan