Jaga dan Jangan Jual Tanah Adatmu, Pesan Penting dari Taprof Lemhannas RI

Saturday 23 Dec 2023, 11 : 39 am
by
Taprof Lemhannas RI tanah adat
Taprof Bidang Ideologi Lemhannas RI, AM Putut Prabantoro berbicara di depan lebih dari 500 umat Katolik di Paroki Gereja Katolik Apau Kayan, Long Ampung, di Agung Baru, Sungai Boh, pada Senin (18/12/2023). Foto: Istimewa

Pentingnya menjaga tanah adat dan sumber daya alam menjadi fokus dalam pidato Putut Prabantoro. Putut memberikan contoh masyarakat Badui di Provinsi Banten yang hidup dalam keterbatasan namun mampu mempertahankan keberlangsungan hidup mereka dengan swadaya.

Dalam visinya terkait Indonesia pada tahun 2045, Putut Prabantoro menyampaikan harapannya bahwa generasi muda, termasuk dari wilayah terisolasi seperti Apau Kayan, akan turut serta dalam memimpin negara. Namun, dia juga menyoroti perkembangan teknologi dan gaya hidup yang bisa mengancam keberlangsungan masyarakat adat.

Mengingat tantangan tersebut, Putut Prabantoro menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan institusi pendidikan untuk menjaga kearifan lokal serta mencerdaskan generasi muda dari semua latar belakang.

Dia juga meminta perhatian khusus bagi pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Malinau yang sedang menimba ilmu di berbagai kota di Indonesia.

Dengan berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi, Putut Prabantoro menegaskan bahwa menjaga tanah adat, sumber air, dan kearifan lokal bukanlah untuk dijual.

Dia menyerukan perlunya perhatian terhadap nilai-nilai Pancasila dan Keadilan Sosial dalam pembangunan yang menghormati adat dan budaya setempat, sehingga kekayaan kebhinekaan Indonesia tetap terjaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PDAM Tirta Asasta Kota Depok Adakan Program Diskon Untuk Pelanggan

DEPOK-PDAM Tirta Asasta Kota Depok mengadakan program diskon 50% khusus
PT BUANA FINANCE

Buat Modal Kerja, Buana Finance Raih Fasilitas Kredit Rp150 Miliar

JAKARTA-PT Buana Finance  Tbk (BBLD) telah menandatangani perjanjian fasilitas kredit