Jasa Marga Beri Pinjaman ke Anak Usaha Senilai Rp1,047 Triliun

Friday 22 Mar 2024, 12 : 51 pm
by
Jasa Marga

JAKARTA – Emiten pembangunan dan pengoperasian jalan tol, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memberikan pinjaman kepada anak usahanya,  PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) senilai Rp1,047 triliun.

Perjanjian  transaksi afiliasi terkait shareholder loan atau pemberian pinjaman pemegang saham kepada anak usaha telah ditandatangani oleh para pihak pada 19 Maret 2024.

Sekretaris Perusahaan JSMR Nixon Sitorus, dalam keterbukaan indormasi, dikutip Jumat (22/3/2024) mengatakan, alasan dan pertimbangan Perseroan terkait transaksi pemberian pinjaman pemegang saham karena adanya kebutuhan dana oleh JAP untuk biaya investasi pengadaan tanah pada proyek Jalan Tol Akses Patimban.

Menurut Nixon, tingkat suku bunga pinjaman yang disepakati para pihak dalam perjanjian pinjaman pemegang saham PT JAP adalah sebesar 7,30% per tahun.

Ini berdasarkan analisa perbandingan tingkat suku bunga pinjaman pemegang saham pada perusahaan terbuka dalam industri konstruksi dan jalan tol adalah sebesar 5,25%-14,50%.

Dengan demikian, tingkat suku pinjaman pinjaman berada di antara suku bunga pasar.

“Berdasarkan analisis transaksi, analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan analisis kewajaran transaksi, kami berpendapat bahwa Rencana Transaksi afiliasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui transaksi pemberian Pinjaman Pemegang Saham oleh PT Jasa Marga kepada PT Jasamarga Akses Patimban adalah wajar,” tulis Nixon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga Pangan Dorong Deflasi IHK Juli 2020

JAKARTA-Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2020 mengalami deflasi 0,10%

Jaga Kesehatan Saat Musim Penghujan & Sedia Asuransi Kesehatan

JAKARTA-Akhirnya musim penghujan tiba. Ada yang menantikan, seperti petani demi