Kadin Indonesia Ajak Pengusaha Dukung Target Penurunan Emisi Nasional

Monday 24 Jul 2023, 4 : 35 pm
Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional - Kadin Indonesia, Dino Vega; Wakil Ketua Umum Bidang Investasi - Kadin Indonesia, Tony Wenas; Moderator, Syarika Bralini

Saat ini, Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon sebesar 31,89% dengan usaha sendiri dan sampai dengan 43,20% dengan bantuan internasional pada tahun 2030.

“Industri dan dunia usaha dipandang sebagai kontributor penting atas dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Untuk itu, industri harus mengupayakan langkah pengurangan emisi atau dekarbonisasi yang sejalan dengan komitmen negara. Meningkatnya pertumbuhan populasi seiring dengan aktivitas bisnis juga menuntut dunia usaha untuk bertransformasi menjadi bisnis yang berkelanjutan, inklusif, dan menerapkan prinsip Environmental Social Governance (ESG),” tutur Shinta.

Dalam rangka mendorong percepatan target tersebut, Kadin Indonesia berupaya melibatkan perusahaan yang beroperasi di Sumatera Utara untuk bergabung dalam program Kadin NZH dan program Kadin lainnya untuk memfasilitasi bisnis menjalankan komitmennya.

Ketua Kadin Net Zero Hub, Dharsono Hartono, mengutarakan bahwa Kadin NZH merupakan wadah bagi para pelaku bisnis untuk berpartisipasi dalam pengurangan emisi karbon.

“Kadin Net Zero Hub adalah wadah bagi seluruh sektor swasta nasional untuk melakukan pertukaran ilmu dan informasi, memperluas wawasan, dan juga berbagi sumber daya dalam rangka mewujudkan ekosistem rendah emisi di Indonesia,” tuturnya.

Melalui inisiatif ini, Kadin Indonesia mengajak semua pihak baik dari BUMN, sektor swasta, lembaga pembiayaan, asosiasi profesi, hingga universitas untuk secara kolektif bertransisi menjadi ekonomi rendah emisi dan membangun ekosistem yang mendukung pencapaian target Net Zero Emission nasional.

Hingga saat ini sebanyak 70 perusahaan dan institusi yang berkomitmen dalam ekosistem Kadin NZH.

Dari jumlah tersebut, 40 perusahaan menerima GHG accounting bootcamp untuk mulai menghitung emisi mereka.

Adapun 30 perusahaan lainnya mengikuti program Corporate Assistance Program (CAP).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Haryanto Badjoeri, Pensiunan Pejabat DKI yang Tak Pernah Sepi Hatinya

Post power syndrome. Itulah yang biasa menghinggapi orang-orang besar ketika

Penjelasan Diterima, Gibran Rakabuming Raka Tetap Satu Komando dengan PDI Perjuangan

JAKARTA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sudah menjelaskan