Kemenag: Awal Puasa Beda, Tetap Saling Menghormati

Saturday 9 Mar 2024, 9 : 59 pm
Jubir Kemenag, Anna Hasbie

JAKARTA –  Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau masyarakat untuk mengedepankan sikap saling menghormati dalam menyikapi  perbedaan awal puasa Ramadan 1445 H/2024 M.

Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie kepada wartawan, Jumat (8/3/2024) mengungkapkan dialog para pihak juga patut dikedepankan untuk bisa memahami dan saling berbagi informasi terkait argumentasi masing-masing dalam mengawali ibadah puasa.

“Kita hormati pilihan dan keyakinan umat Islam dalam mengawali puasa Ramadan 1445 H/2024 M. Sikap saling menghormati perlu dikedepankan dalam menyikapi perbedaan,” kata Anna.

Awal puasa Ramadan 1445 H/2024 M di Indonesia dipastikan tidak secara bersama-sama.

Mayoritas umat Islam akan mengawali puasa Ramadan 1445 H pada 11 dan atau 12 Maret.

Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah mengumumkan awal puasa Ramadan pada 11 Maret 2024, sementara pemerintah baru akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024 untuk menentukan awal puasa.

Namun demikian, ada kelompok jemaah yang sudah mulai puasa pada 7 Maret dan ada juga yang akan mulai berpuasa pada 10 Maret.

Dalam semangat saling menghormati itu, kata Anna, ruang dialog tetap harus dibuka, apalagi  ilmu pengetahuan sudah semakin maju dan berkembang, termasuk terkait astronomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menkeu: Jangan Takut Berinvestasi di Tahun Politik 2019

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta pelaku usaha untuk

GE-Saudi Aramco Meluncurkan Global Innovation Challenge

JAKARTA-GE Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan sebuah kompetisi teknologi global