Ketika Presiden Jokowi Kerap Perlihatkan Sisi Humanis Kekuasaan

Thursday 15 Jun 2023, 10 : 12 am
by
Presiden Jokowi ngopi bareng sejumlah menteri dan pejabat negara di Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2023. (Sumber foto: Kompas.com)

JAKARTA – Presiden Jokowi adalah seorang presiden yang tidak terlalu kaku dengan protokoler. Dengan sikap yang luwes itu, Presiden Jokowi bisa dengan leluasa memperlihatkan sisi humanis dalam kepemimpinannya.

Ia sering kali memperlihatkan hal ini dalam berbagai kegiatan. Kadang ia melakukan itu secara spontan di luar agenda resmi istana. Meskipun, kadang spontanitas seperti itu membuat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pontang panting dan kadang kalang kabut.

Namun justru spontanitas dan sisi humanis itu yang membuat Presiden Jokowi dekat dengan rakyat dan dia tetap dicintai rakyatnya.

Salah satu sisi humanis yang dilakukan Presiden Jokowi adalah saat dia ngopi santai dengan sejumlah menteri setelah meresmikan Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2023 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2023.

Selepas acara itu, Presiden Jokowi ngopi bareng di salah satu booth di arena PRJ dengan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga adik iparnya Anwar Usman, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dari video-video yang beredar terlihat, Presiden Jokowi bersama para pembantunya itu betul-betul menikmati suasana yang santai. Dia bersama para menterinya penuh tawa dan jauh dari suasana tegang.

Sebelumnya juga pekan lalu, Presiden Jokowi juga mampir makan di warung pinggir jalan di Yogyakarta bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Sekali lagi, kemampuan Presiden Jokowi mengelola protokoler membuatnya tetap mampu menonjolkan sisi humanis yang sudah menjadi kekuatan Jokowi jauh sebelum menjadi Presiden.

Banyak hal yang patut ditiru dari Presiden Jokowi oleh para calon pemimpin bangsa ini. Bukan hanya dalam hal bagaimana mengeksekusi berbagai program agar berjalan dengan baik, serta cara pikir dan kerja out of the box, tetapi juga sisi humanis yang sangat kuat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Transaksi Ekonomi Digital Meningkat 25% Selama Pandemi

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pandemi covid 19

Perlu Ada Standar Biaya Pilkada Serentak

JAKARTA-Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum