Kolaborasi Agus Marto-Chatib Basri Ideal

Friday 24 May 2013, 5 : 55 pm
by

 JAKARTA-Bank Pembangunan Asia (ADB) menilai, pemerintah Indonesia telah melakukan langkah yang tepat dalam menjaga kesinambungan perekonomian nasional dengan mengkolaborasikan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo dengan Menteri Keuangan, Chatib Basri. Pernyataan tersebut seperti diutarakan Country Director ADB, Jon D Lindborg di Gedung Mahkamah Agung (MA) Jakarta, Jumat (24/5). “Saya perkirakan ini hasil seleksi yang bagus. Keduanya sudah teruji di bidangnya masing-masing. Tetapi, bagaimana kalau menurut Anda?” kata Linborg usai acara pengambilan sumpah Agus Marto sebagai Gubernur BI.

Dia menyebutkan, situasi perekonomian dunia yang terjadi saat ini merupakan tantangan besar bagi setiap gubernur bank sentral. Tetapi, lanjut Linborg, dirinya meyakini Agus Marto akan mampu memimpin BI yang dinilai sebagai lembaga yang prudent sebagai pengelola kebijakan moneter. “Kalau melihat sejarah kebangkitan perekonomian Indonesia di 1998, saya yakin Bank Indonesia akan bisa menjalankan prinsip kehati-hatiannya di masa mendatang,” tutur Linborg.
Menyinggung soal pembagian tugas antara BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kata Lindborg, dirinya juga meyakini bahwa peralihan fungsi pengaturan dan pengawasan dari BI ke OJK akan berlangsung lancar. “Hal ini dilihat dari persiapan yang sudah dilakukan kedua lembaga tersebut. Saya yakin koordinasi di antara keduanya akan berjalan baik,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden: Layani Urusan Sertifikat Tanah Rakyat Secepat-cepatnya

SALATIGA-Presiden Joko Widodo meminta aparatur pemerintah agar tidak menghambat proses
Kebijakan tersebut masih konsisten dengan stance kebijakan moneter ketat untuk mengarahkan inflasi menuju ke sasaran 4,5±1% pada 2014 dan 4±1% pada 2015

Peringkat Investasi Indonesia Dipertahankan

JAKARTA-Rating and Investment Information, Inc. (R&I), lembaga pemeringkat asal Jepang,