Konflik Internal ITB, Politisi Nasdem Dorong Nadiem Carikan Solusi

Wednesday 16 Mar 2022, 1 : 50 pm
by
Anggota Komisi X DPR, Mohammad Haerul Amri

JAKARTA-Konflik antara rektor dengan Forum Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dengan pihak Rektorat belum menemukan titik terang.

Karena itu, DPR mendorong agar Mendikbudristek Nadiem Makarim ikut mencarikan solusi.

“Saya mendorong Menteri Nadiem menengahi konflik tersebut. Sehingga tidak berlarut-larut,” kata Anggota Komisi X DPR, Mohammad Haerul Amri kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Seperti diketahui, Forum Dosen menolak pencabutan swakelola dan otonomi SBM ITB oleh rektor.

Rektorat menilai berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan pada 31 Desember 2018, pengelolaan keuangan SBM ITB bertentangan dengan Statuta ITB sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 65 tahun 2013.

Rektor ITB Reini Djuhraeni Wirahadikusumah mencabut hak swakelola SBM ITB lewat surat Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh Nomor 1627/IT1.B06/KU.02/2021.

Buntut persoalan itu sejumlah dosen SBM ITB melakukan aksi mogok mengajar.

“Saya kira, Mas Menteri bisa mengambil inisiatif dengan memanggil pihak-pihak yang berkonflik untuk duduk bersama,” ujarnya lagi

Lebih jauh Anggota Fraksi Nasdem ini mengungkapkan pihaknya tak mau menyalahkan siapa-siapa.

Hanya saja, konflik internal yang berkepanjangan tentu akan merugikan mahasiswa.

“Kita menyarankan agar pihak-pihak yang berkonflik segera duduk bersama, sehingga mahasiswa mendapat pelayanan pendidikan sebagaimana mestinya,” imbuh Ketua Garda Pemuda Nasdem.

Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro mendesak Rektor Prof. Reini Wirahadikusumah menuntaskan permasalahan terkait konflik yang terjadi di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.

Rektor ITB juga diminta duduk bersama-sama dengan Dekanat bersama SBM ITB memperbaiki, meningkatkan, dan memperkuat manajemen SBM ITB.

“Rektor juga harus bisa menjamin dan melaksanakan operasional kegiatan sebagaimana mestinya,” kata Yani melansir akun instagram ITB @itb1920, Senin (14/3/2022).

Yani juga mendorong Rektor Prof. Reini bisa mengambil tindakan tegas dengan menertibkan dosen dan tenaga pendidik (tendik) yang melanggar aturan disiplin pegawai dalam melaksanakan pelayanan akademik termasuk di SBM ITB, sesuai dengan aturan atau peraturan yang berlaku.

Namun belakangam konflik internal agaknya sudah mulai ada tanda-tanda mereda. Hal ini, karena Forum Dosen Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah menyepakati bernegosiasi terkait aturan-aturan tentang pengelolaan SBM ITB.

“Selama proses negosiasi, sistem pengelolaan SBM ITB mengacu pada aturan lama yakni SK Rektor Nomor 203/SK/K01/KP/2003,” kata Koordinator Forum Dosen SBM ITB (FD SBM ITB) Jann Hidajat dalam jumpa pers di SBM ITB, Senin (14/3/2022).

Jann menjelaskan, FD SBM ITB telah bertemu dengan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah hari ini.

Dalam pertemuan itu, disepakati FD SBM ITB dan rektor akan menegosiasikan aturan-aturan yang telah dikeluarkan Rektor agar menguntungkan bagi kedua belah pihak. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Teguh Santosa: Bahasa Indonesia Tulang Punggung Bangsa

MURUNG RAYA-Bahasa Indonesia merupakan salah satu elemen penting yang menopang

BI-Pemerintah Perkuat Koordinasi Menjaga Stabilitas Makro

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan,