Legislator Nasdem Dukung Kegiatan Space Up Universitas Pertamina

Thursday 21 Mar 2024, 8 : 46 pm
Anggota Komisi X DPR Fraksi Nasdem, Mohammad Haerul Amri
Anggota Komisi X DPR Fraksi Nasdem, Mohammad Haerul Amri

JAKARTA – Anggota Komisi X DPR Fraksi Nasdem, Mohammad Haerul Amri memberikan apresiasi kepada pengurus Universitas Pertamina meski usianya perguruan tinggi masih mudah, namun sudah memberikan prestasi dan capaian-capaian yang bagus.

“Yang penting lagi, dari 2.777 lulusan sejak 2020 ternyata 96% para alumninya telah bekerja, berwirausaha atau melanjutkan kuliah. Jadi hanya 4% yang mengaggur,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Rektor Universitas Pertamina Wawan Gunawan A Kadir di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Lebih lanjut Sekjen Garda Pemuda Nasdem itu memberikan syair Arab yang cukup terkenal sebagai penyemat. “Bahwa tingginya derajat seseorang itu dilihat dari cita-citanya.

Artinya, kalau seorang pemuda tak memiliki cita-cita yang tinggi atau tak punya mimpi, maka hanya akan menjadi sampah masyarakat.”

Legislator dari Dapil Jawa Timur II itu mendukung penyelenggaraan kegiatan ‘Scientific Paper Competition Universitas Pertamina’ (SPACE UP) 6.0 dengan tema ‘Peran Gen Z dalam Meningkatkan Poin SDGs pada Sektor Pendidikan’.

Baginya, kegiatan ini akan membuka wawasan terkait isu pendidikan nasional terkini.

“(SPACE UP 6.0) ini merupakan rangkaian kompetensi mahasiswa dari kegiatan UKM riset dan karya tulis ilmiah. Kami, Komisi X DPR mengapresiasinya karena memiliki tujuan yang positif seperti meningkatkan kemampuan berpikir solutif dan meningkatkan wawasan, khususnya bagi para mahasiswa,” paparnya.

Intelektual Muda NU itu mengapresiasi upaya Universitas Pertamina yang berupaya berkontribusi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, dimana salah satu dari 17 indikator Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Jajaran Universitas Pertamina bersama Komisi X DPR usai menggelar RDPU/Foto: Eko
Jajaran Universitas Pertamina bersama Komisi X DPR usai menggelar RDPU/Foto: Eko

Dalam forum tersebut menyinggung soal implementasi kebijakan penetapan dan penyaluran beasiswa.

Menurut Rektor Universitas Pertamina Wawan Gunawan A Kadir, kebijakan beasiswa perlu dikaji ulang mengingat beasiswa seperti Bidikmisi, LPDP, IISMA, KIP Kuliah belum tepat sasaran.

Tidak hanya itu, ia menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) harus mempertimbangkan penyaluran beasiswa untuk para mahasiswa yang berada di perguruan tinggi swasta.

Menurutnya, negara perlu hadir untuk meringankan beban biaya pendidikan sesuai realisasi amanah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28C.

Selain itu, Kadir mengusulkan agar Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan afirmasi beasiswa S3 untuk guru besar, khususnya guru besar perempuan.

Harapannya, dosen perempuan turut memperoleh peluang yang besar untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Komite III DPD RI Gandeng Kemensos Distribusikan Bansos Covid-19

JAKARTA-Komite III DPD RI bersinergi dengan Kementerian Sosial RI (Kemensos)
BOD

BNI Syariah Beri Bantuan Rp 50 Juta ke SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya

PALANGKARAYA-BNI Syariah bersama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) memberikan bantuan