Konsumsi Rumah Tangga Semakin Menguat

Friday 3 Jan 2014, 4 : 45 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada bulan Desember 2013 mengindikasikan konsumsi rumah tangga semakin menguat. Hal ini tercermin dari meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2013 menjadi 116,5 dari sebelumnya 114,3 pada bulan lalu.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah mengatakan kenaikan IKK terutama didorong oleh membaiknya optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan baik pada saat ini maupun 6 bulan mendatang. Selain itu, meningkatnya pembelian barang tahan lama dan penghasilan saat ini juga semakin mendorong peningkatan IKK pada Desember 2013.

Menurutnya, survei juga mengindikasikan meredanya tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Maret 2014) dengan indeks ekspektasi harga yang lebih rendah, baik dibandingkan dengan bulan sebelumnya maupun periode yang sama tahun sebelumnya. Namun untuk ekspektasi yang lebih panjang, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Juni 2014) diperkirakan semakin menguat. Hal ini tercermin pada angka indeks yang terus menunjukkan peningkatan sejak Maret 2014. “Meningkatnya permintaan menjelang Pemilu Presiden (9 Juli 2014) dan permintaan masyarakat menghadapi bulan puasa pada akhir Juni 2014 diperkirakan menjadi pendorong utama tekanan kenaikan harga tersebut,” pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Gelar 5 Kegiatan Dukung Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

JAKARTA- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar sejumlah kegiatan di Bali

Vaksinasi Kunci Pemulihan Ekonomi

JAKARTA-Dalam laporan Bank DBS Indonesia berjudul “Regional Equity Outlook 2021: