KPU Tangsel Tunggu Petunjuk Administrasi Tahapan Pilkada

Thursday 7 May 2020, 12 : 32 pm
by
Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro

TANGERANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, masih menunggu petunjuk administrasi resmi KPU RI dalam memulai tahapan Pilkada yang sebelumnya tertunda.

“Kami KPU yang menyelenggarakan Pilkada dan KPU lain, ada 4 kota Kabupaten di Banten, sebenarnya akan menunggu informasi yang sifatnya administrasi. Tentang kapan dimulainyanya kembali tahapan yang sebelumnya di tunda,” jelas Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro dikonfirmasi Rabu 6 Mei 2020.

Menurut Bambang, secara administrasi KPU di Daerah yang akan melaksanakan Pilkada, siap melaksanakan semua tahapan-tahapan dalam Pilkada, yang sebelumnya sempat tertunda karena Covid-19 ini.

“Kalau kesiapan dari sisi anggaran tidak ada maslah. Anggaran kita oleh Pemkot tidak diganggu gugat. Walau pencairanya bertahap, baru tahap I yang kami terima sebesar Rp 6 Miliar. Dari sisi kesiapan kita siap,” tegas Bambang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pengganti Undang-undang nomor 2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-undang. Pemilihan Umum Serentak 2020 resmi ditunda.

Terkait penundaam itu, Pemerinyah memutuskan melaksanakan pemilihan serentak di 270 wilayah pada akhir tahun. Namun bila pada akhir tahun bencana belum juya usai pelaksanaan masih bisa ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana berakhir.

“KPU pusat mempunyai landasan hukum tahapan-tahapan yang diundur sebagaimana dalam Perppu 2 tahun 2020. sampai Desember. Tapi juga disebutkan pelaksanaan Pilkada bisa ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana berakhir. Ini yang kita menunggu bagaimana memulai tahapan kalau seandainya Pilkada di Desember atau dimundurkan lagi sampai Covid benar-benar selesai” jelas Bambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PDI P All Out Menangkan “BDH-Said untuk Jatim Baru”

SURABAYA-PDI Perjuangan optimis memenangkan pemilihan gubernur Jawa Timur periode 2014-2019,

Kemendag Siapkan Produk Lokal Unggulan Hadapi MEA

GORONTALO-Pemerintah terus melakukan sejumlah terobosan guna menyiapkan produk andalan dalam