Listing di BEI, Harga GOTO Langsung Naik 18,34% ke Level Rp400/Saham

Monday 11 Apr 2022, 11 : 59 am
by
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang dicatatkan di Papan Utama langsung menguat sebesar 18,34 persen ke level Rp400 per saham.

Harga saham GOTO yang ditawarkan senilai Rp338 per lembar langsung melambung ke level 400 saat pembukaan Sesi I perdagangan Senin (11/4), meski akhirnya bergerak fluktuatif di rentang Rp372-Rp400.

Selanjutnya, harga saham emiten ke-15 di 2022 atau emiten ke-781 di BEI ini kembali berbalik menanjak yang sempat menyentuh level Rp416, dengan volume transaksi sebanyak 2,33 miliar saham dan frekuensi transaksi sebanyak 43.730 kali.

Maka pada menit ke-8 perdagangan, nilai transaksi GOTO sudah mencapai Rp926,66 miliar.

Pada pelaksanaan IPO, GOTO menawarkan sebanyak 40.615.056.000 Saham Seri A yang seluruhnya merupakan Saham Baru bernilai nominal Rp1 per lembar atau setara dengan 3,43 persen dari modal ditempatkan dan disetor GOTO setelah IPO, dengan harga penawaran Rp338 per saham.

Sehingga, melalui aksi korporasi ini GOTO berhasil menggalang dana sebesar Rp13,73 triliun.

Saat periode penawaran umum pada 1-7 April 2022, saham GOTO tercatat mengalami kelebihan permintaan sebanyak 5,17 kali dari porsi pooling.

GOTO dan penjamin pelaksana emisi Efek menerapkan Opsi Penjatahan Lebih (greenshoe) dengan melakukan penjatahan hingga 15 persen dari total saham yang ditawarkan ke publik atau sebanyak 6.092.258.400 saham dari saham treasuri.

Dengan harga penawaran Rp338 per lembar, maka dana yang bisa dihimpun sebesar Rp2,06 triliun.

“Melalui proses go public, GOTO menjadi perusahaan karya anak bangsa dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia dan mampu menghimpun proceed sebesar Rp13,7 triliun. Dan, memiliki market capitalization mencapai Rp400,32 triliun,” kata Direktur BEI, I Gede Nyoman Yetna di Gedung BEI Jakarta, Senin (11/4).

Dengan demikian, lanjut Nyoman, hal tersebut menjadikan GOTO sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan juga merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa saham Asia.

Rencananya, seluruh dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan oleh GOTO sebagai modal kerja dan melakukan peningkatan penyertaan modal kepada perusahaan anak yang dananya juga akan digunakan sebagai modal kerja.

GOTO maupun perusahaan anak akan menggunakan dana modal kerja tersebut untuk mendukung strategi perkembangan perusahaan melalui berbagai inisiatif, termasuk kegiatan mengakuisisi pelanggan, penjualan dan pemasaran, serta pengembangan produk maupun beban operasional.

Adapun rincian dari rencana penggunaan dana hasil IPO tersebut yakni, sebesar 30 persen akan digunakan oleh GOTO, sebesar 30 persen akan dialokasikan kepada PT Tokopedia, sebesar 25 persen akan dialokasi kepada PT Dompet Anak Bangsa (GoPay).

Selanjutnya, sebesar 5 persen akan dialokasikan kepada PT Multifinance Anak Bangsa (bagian dari GoFinance/sebelumnya bernama PT Rama Multi Finance).

Sekitar 5 persen akan dialokasikan kepada Velox Digital Singapore Pte Ltd (Gojek Singapura) dan sebesar 5 persen akan dialokasikan kepada Go Viet Technology Trading Joint Stock Company (Gojek Vietnam).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI Maslahat Resmikan Program Pesantren Sehat di Pandeglang Banten 

JAKARTA-BSI Maslahat meresmikan Program Pesantren Sehat 2023 di Pandeglang, selama
Bayar Sebagian Utang Anak Usaha, TBIG Siap Rilis Obligasi Rp1,2 Triliun

TOWR Berencana Bagi Dividen Interim Senilai Rp6 Per Saham

JAKARTA-PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) berencana membagikan dividen interim