MAMI: Satu Ketidakpastian Terhapus Pasca Pengumuman KPU

Thursday 21 Mar 2024, 5 : 07 pm

JAKARTA– PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) menyampaikan pandangannya pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umum (“KPU”) yang telah menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia nomor urut dua (“2”), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pemilu presiden 2024 dalam satu putaran.

Keputusan KPU ini setidaknya mampu memberikan gambaran yang lebih jelas bagi pasar finansial ke depannya.

Senior Portfolio Manager, Equity MAMI Samuel Kesuma CFA, mengatakan, pasar finansial menyambut baik penetapan ini karena satu faktor ketidakpastian yang dapat mempengaruhi pasar telah terhapus.

Meskipun dalam hal terjadi perselisihan penetapan perolehan hasil suara, pasangan calon lainnya dapat mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi (“MK”) dalam dalam waktu paling lama 3 hari setelah penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU, pasar akan fokus menunggu rincian dan kejelasan program-program ekonomi yang dijanjikan oleh pasangan Prabowo – Gibran, dan susunan calon kabinet terutama terkait ekonomi dan perdagangan.

Hal lain yang juga diperhatikan pasar adalah Rancangan APBN tahun depan (2025), yang secara tradisi setiap tahun biasanya  diumumkan dalam pidato terbuka Presiden tanggal 16 Agustus, satu hari sebelum perayaan kemerdekaan RI.

R-APBN tahun 2025 menjadi penting dan relevan karena menunjukkan seberapa besar keselarasan, kesinambungan, dan ruang fiskal untuk mengimplementasikan program-program yang dijanjikan oleh presiden baru.

Samuel menambahkan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (“IHSG”) yang tetap stabil di dua hari terakhir ini ditopang tidak hanya oleh terhapusnya faktor ketidakpastian terkait pemilu dengan penetapan pemenang Presiden dan Wakil Presiden RI.

Namun juga karena  pasar menyambut positif  keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (“RDG-BI”) mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 6,00%,  dan juga penegasan pejabat bank sentral Amerika Serikat kemarin malam yang tetap menegaskan probabilitas tiga kali penurunan suku bunga The Fed di tahun 2024 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Cegah Pungli, MenPAN-RB Minta Partisipasi Aktif Masyarakat

BATAM-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur

Kinerja LPPF di 2021 Berbalik Untung Usai Raup Pendapatan Rp5,59 Triliun

JAKARTA-PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) sepanjang 2021 berhasil membukukan