Masdar Siap Bangun PLTS Dengan Daya 1,2 Gigawatt di IKN

Saturday 20 Apr 2024, 12 : 58 pm
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, di kantor Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat (19/4/2024) sore.

JAKARTA – Perusahaan energi dari Uni Emirat Arab (UEA), Masdar berencana berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan daya 1,2 gigawatt.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, di kantor Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat (19/4/2024) sore.

“Jadi kita bahas tadi termasuk yang dibahas dengan Pak Presiden adalah PLTS di IKN yang dipersiapkan sebesar 1,2 gigawatt berbasis kepada investasi Masdar,” kata Airlangga seusai bertemu dengan Tony Blair di kantornya, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

“Masdar sendiri kan punya pengalamaan invesatasi di Cirata jadi ini lebih riil lah untuk melakukan investasi,” tambahnya.

Masdar menjadi salah satu calon perusahaan di antara perusahaan lainnya yang berminat untuk berinvestasi di PLTS IKN. Namun, Airlangga menyampaikan belum ada pembahasan lebih lanjut terkait besaran nilai investasinya.

“Belum dibahas, kan ini yang kita bahas dengan Pak Tony Blair,” ujarnya.

Tony Blair melalui lembaga Tony Blair Institute (TBI) menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan pembangunan IKN.

Ia juga menjelaskan bahwa sesi diskusi turut membahas seputar transisi energi, terutama terkait Just Energy Transition Partnership (JETPI), Asia Zero Emission Community (AZEC).

Selain itu kedua pihak juga membahas upaya dalam mendorong tingkat inklusivitas keuangan tersebut, salah satunya melalui digitalisasi.

Dengan mempertimbangkan kecukupan sumber daya (resources) yang dimiliki oleh Tony Blair Institute (TBI) diharapkan dapat mendukung upaya digitalisasi tersebut.

“Kita ingin mendorong agar digitalisasi sifatnya inklusif jadi tentu kita bicara mengenai infrastruktur digital mengenai data center, regulasi Artificial Intelligent (AI), hingga cyber security,” jelas Airlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Triawan: Bisnis Online Harus Dilindungi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Ekonomi Kreatif (BEK) untuk

Mendagri Minta Kepala Daerah Segera Laporkan SPT Tahunan

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menginstruksikan kepada kepala