Melantai Perdana di BEI, Saham HATM Bermain di Teritori Negatif

Tuesday 26 Jul 2022, 6 : 40 pm
by
PT Habco Trans Maritima Tbk

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan saham hari ini (26/7), harga saham PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) langsung bergerak menguat hingga 32,5 persen ke level Rp212 per saham, meski seketika berbalik ke zona merah.

Ketika mengawali debut di lantai Bursa dengan harga penawaran Rp160 per saham, harga HATM dibuka menguat sebesar 6,25 persen ke level Rp170 dan langsung melesat ke posisi Rp212 atau setara dengan kenaikan mencapai 32,5 persen dari harga penawaran.

Namun sesaat kemudian, pergerakan saham langsung berbalik ke zona merah yang menyentuh level terendah Rp149 dan bergerak variatif di teritori negatif.

Hingga pukul 9.20 WIB, harga HATM terkoreksi 3,75 persen ke level Rp154, dengan frekuensi transaksi sebanyak 20.237 kali dan nilai transaksi sebesar Rp259,22 juta.

Baca juga :  T+2 Berlaku, Transaksi Saham Mencapai Rp13,3 Triliun

Saat pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO), HATM melepas sebanyak 1.118.750.000 saham baru bernilai nominal Rp50 per saham atau setara dengan 16,65 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Dengan harga penawaran yang ditetapkan senilai Rp160 per saham, maka melalui aksi korporasi ini HATM berhasil meraup dana masyarakat mencapai Rp179 miliar.

Rencananya, seluruh dana hasil IPO —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan untuk membeli kapal bulker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Program Betonisasi Dongkrak Investasi di Kabupaten Sidoarjo

SIDOARJO – Pemerintah  Kabupaten Sidoarjo terus menuntaskan pembangunan jalan beton

DPR Akui Nasib RUU Perlindungan Data Pribadi Tidak Jelas

JAKARTA–Nasib RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) tidak jelas hingga kini,