Mengembangkan Riset Vaksin Kuning Telur

Tuesday 5 May 2020, 2 : 54 am
by
Ketua Komite Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU), Yoyok Pitoyo,

Pemerintah saat ini sedang melakukan berbagai macam riset dan uji klinis terhadap metode pengobatan Covid-19, yaitu: suplemen, vaksin dan antivirus, convalenscent plasma, dan serum; yang dapat mempercepat peningkatan imunitas tubuh dan recovery imunitas atau sistem tubuh pada penderita Covid-19 pada berbagai tingkatan kerawanan resiko terhadap sistem kerja organ tubuh.

Imunitas Tubuh

Satu hal yang menjadi pertanyaan seluruh umat manusia di dunia saat ini adalah seberapa efektif dan cepat metode pengobatan ini dapat menyelamatkan penderita Covid-19 dari resiko kematian.

Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan yang bereaksi sangat cepat terhadap pathogen Covid-19 ini.

Mengapa? Covid-19 menyerang sistem imunitas tubuh seseorang yang berhubungan langsung dengan sistem kerja tubuh, kecepatan peningkatan level dari level normal sampai akut tergantung dari imunitas tubuh dan antibodi penderita, bisa dalam hitungan jam maupun hari; selama masa inkubasi rata-rata selama 14 hari.

Kecepatan penyebaran Covid-19 mungkin bisa dikatakan setipe dengan virus infectious bursal disease (IBD) atau dikenal dengan Gumboro disease yang menyerang unggas.

Perumpamaan ini dikarenakan virus Covid-19 adalah semacam pathogen dengan tingkat penularan yang tinggi yang menyebabkan kerusakan pada organ vital tubuh, untuk manusia terutama saluran pernafasan akibat melemahnya sistem imunitas tubuh.

Dalam sebuah dialog terbuka, Prof. Dr. I Wayan Teguh Subana berpendapat bahwa pengobatan Covid-19 dapat memanfaatkan vaksin Immunoglobin Y (IgY) yang terdapat dalam kuning telur. Apakah vaksin Immunoglobin Y (IgY)? Vaksin IgY adalah vaksin yang diberikan kepada unggas yang rentan terhadap IBD.

Vaksin IgY terbukti efektif digunakan dalam mencegah laju persebaran IBD serta dalam pengobatannya.

Saat ini, Prof. I Wayan Teguh Subana dan tim sedang melakukan riset produksi vaksin IgG (titer antibodi spesifik) yang diambil dari kuning telur untuk pengobatan Covid-19.
Vaksin kuning telur yang digunakan dalam metode pengobatan ini adalah hasil dari penyulingan IgY dalam kuning telur dengan metode biocompatible reagent.

Vaksin ini dianggap efektif dalam pengobatan pasien positif Covid-19 dengan metode disuntikkan ke tubuh pasien.

Vaksin Kuning Telur

Vaksin kuning telur ini dinilai lebih aman direspon oleh tubuh, terutama oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan khasiatnya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh telah dikenal sejak ratusan tahun apabila dikonsumsi dalam takaran tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menlu PNG Nyatakan Papua Bagian Dari NKRI

JAKARTA-Pemerintah Papua Nugini secara tegas menyampaikan dukungan terhadap Papua dan

Dari KTT Asean 42, Puan: AIPA Message Jadi Komitmen Atasi Tantangan Kawasan

Di Interface ASEAN-AIPA, AIPA Message akan disampaikan oleh Puan sebagai