Mengembangkan Riset Vaksin Kuning Telur

Tuesday 5 May 2020, 2 : 54 am
by
Ketua Komite Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU), Yoyok Pitoyo,

Uji Klinis

Pemerintah pusat dapat mendukung riset gabungan vaksin kuning telur untuk pengobatan Covid-19 dikarenakan wewenang sepenuhnya terhadap perijinan dan uji klinis berada di tangan pemerintah pusat; dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) .

Riset dan uji klinis atas vaksin ini harus segera dilakukan mengingat percepatan penambahan persebaran Covid-19 di Indonesia yang pada awal Mei 2020 ini telah mencapai sekitar 10,000 penderita positif Covid-19.

Selain itu, penggunaan kuning telur dalam pembuatan vaksin ini dapat mendukung keberlangsungan usaha pelaku UMKM sektor peternakan dan pertanian sebagai penyedia bahan baku dasar vaksin ini; terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, sudah seyogyanya pemerintah pusat mendukung riset vaksin kuning telur ini sebagai salah satu metode pengobatan Covid-19 di Indonesia.

Selain sudah terbukti selama ratusan tahun khasiat penggunaan kuning telur untuk ramuan peningkat imunitas tubuh dan antibodi, penggunaan bahan baku lokal Indonesia juga dapat menekan production cost dari produksi vaksin dalam jumlah banyak, dengan efek pengobatan yang maksimal serta minim resiko.

Disamping itu, pembuatan vaksin dengan bahan baku organik lokal dapat membantu peningkatan produksi UMKM di sektor peternakan dan pertanian, yang kedepannya dapat mewujudkan kedaulatan pangan; selain juga kedaulatan kesehatan.

Penulis adalah Ketua Komite Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jasmerah merupakan pesan yang masih sangat relevan sampai saat ini. Karena para elit bangsa Indonesia cenderung meninggalkan sejarah. Melupakan sejarah.

Progress Ekonomi Triwulan I 2021 Melambat

Oleh: Anthony Budiawan Pertumbuhan ekonomi Q1/2021 minus 0,74 persen, year-on-year

Indonesia Jauh dari Resesi Ekonomi

JAKARTA-Kendati nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah berada di