Merdeka Battery Materials Beri Pinjaman ke Anak Usaha US$28,05 Juta

Thursday 16 Nov 2023, 1 : 11 pm
PT Merdeka Battery Materials Tbk

JAKARTA-PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) memberikan pinjaman senilai US$28,05 juta kepada PT Merdeka Industri Anantha (MIA), anak usaha Perseroan dengan kepemilikan 99% saham.

Dana tersebut akan digunakan MIA untuk membiayai keperluan umum perusahaan MIA.

Deny Greviartana Wijaya, Sekretaris Perusahaan MBMA dalam keterbukaan informasike BEI, dikutip Kamis (16/11) mengemukakan, pinjaman dengan bunga secured overnight financing rate (SOFR) plus 4,75% per tahun itu telah disepakati oleh para pihak pada 13 November 2023.

Berdasarkan perjanjian, jelas Deny, MBMA sepakat untuk menyediakan dana pinjaman sebesar US$28,05 juta kepada MIA sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dalam perjanjian.

Dana tersebut untuk mendukung kegiatan usaha anak-anak perusahaan MIA dengan cara penyediaan utang, penyetoran modal dan/atau uang muka setoran modal.

Menurut Deny, MBMA memiliki hubungan afiliasi dengan MIA karena MIA adalah salah satu anak perusahaan yang dikendalikan secara langsung oleh Perseroan.

Selain itu, lanjutnya, terdapat beberapa anggota Direksi Perseroan yang juga menjabat sebagai anggota Direksi dan atau Dewan Komisaris MIA.

“Oleh sebab itu, transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi yang tidak mengandung benturan kepentingan,” tulis Deny dalam keterangan tertulisnya.

Pada semester I 2023, MBMA menderita kerugian sebesar US$19,65 juta. Di periode yang sama 2022, Perseroan membukukan laba US$33,42 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah: Ekonomi di Ambang Resesi, Revisi UU BI Tidak Pas

JAKARTA-Badan Legislasi (Baleg) DPR mengebut proses revisi Undang Undang (UU)

Indonesia Perlu Memperkuat Industrialisasi

KALTIM-Indonesia perlu memperkuat industrialisasi untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan