Nilai Investasi Industri Makanan dan Minuman Meningkat

Wednesday 29 May 2013, 9 : 17 am
by

JAKARTA-Pertumbuhan industri non-migas pada triwulan I tahun 2013 mencapai 6,69%. Industri makanan, minuman, dan tembakau memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total PDB sekitar 6,96% dan terhadap total industri non-migas sebesar 33,79%,jika dibandingkan dengan sektor industri lainnya pada triwulan I tahun 2013. Sedangkan, terhadap penerimaan devisa sektor industri non-migas melalui investasi, industri makanan dan minuman juga mampu memberikan kontribusi yang signifikan. Pada tahun 2012, nilai investasi industri ini sebesar Rp. 63,65 triliun atau meningkat bila dibandingkan dengan nilai investasi pada tahun 2011 yang mencapai Rp. 60,53 trilyun. Peningkatan tersebut didukung oleh program hilirisasi industri agro yang disambut baik oleh banyak investor dalam dan luar negeri.

Baca juga :  Ketika Potensi Return, Profil Risiko, dan Tujuan Keuangan Tidak Sejalan

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Euis Saedah saat membuka Pameran Produk Industri Makanan dan Minuman di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa, (28/5).

Dirjen IKM mengatakan, program hilirisasi industri agro yang dicanangkan oleh Kementerian Perindustrian telah mencapai hasil-hasil yang cukup baik, antara lain: Pertama, utilisasi kapasitas industri minyak goreng kelapa sawit yang meningkat dari 45% pada tahun 2010 menjadi lebih dari 70% pada tahun 2012. Selain itu, pergeseran tren ekspor yang awalnya didominasi oleh CPO, berubah menjadi ekspor produk hilir yang bernilai tambah tinggi seperti oleo food dan oleo chemical. Investasi di industri hilir kelapa sawit lebih dari Rp. 18 triliun sehingga tren penggunaan CPO sebagai bahan mentah semakin meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Anomali Pengelolaan Sumber Daya Alam Harus Dihentikan

PALEMBANG  – Anomali dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang seharusnya

Mahfud Ungkit Intervensi Eksekutif, Masuk Baik-Baik Sampai Injak Lawan Politik

JAKARTA– Guru Besar Hukum Tata Negara Mahfud Md mengatakan ciri