November 2023, Cadangan Devisa Naik 3,76%

Friday 8 Dec 2023, 8 : 19 pm

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengumumkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir November 2023 tercatat sebesar US$138,1 miliar.

Angka ini meningkat sebesar US$5 miliar atau tumbuh 3,76% dibandingkan dengan posisi pada akhir Oktober 2023 sebesar US$133,1 miliar.

Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI mengemukakan, kenaikan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global dan penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta penerimaan pajak dan jasa.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,3 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Kami menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (8/12).

Ke depan, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai.

Ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Minta TPL Ditutup, Masyarakat Adat Danau Toba Kembali Mengadu ke Komnas HAM

JAKARTA-Perwakilan masyarakat adat dari Kawasan Danau Toba yang terdiri dari

Jokowi:Uang APBD Jangan Simpan di Bank

JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sangat berat sekali meskipun kondisi serupa juga