Minta TPL Ditutup, Masyarakat Adat Danau Toba Kembali Mengadu ke Komnas HAM

Monday 22 Nov 2021, 8 : 41 pm
by
Aliansi gerak Tutup TPL Bersama Perwakilan Masyarakat adat dari kawasan Danau Toba kembali mengadukan TPL ke Komnas HAM, Senin, 22/11/2021.

JAKARTA-Perwakilan masyarakat adat dari Kawasan Danau Toba yang terdiri dari 5 Kabupaten/Kota yaitu, Kabupaten  Toba, Kabupaten Simalungun, KabupatenTapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir, Kembali mendatangi Komnas HAM untuk menyampaikan pelanggaran-pelanggaran terkait Hak Asasi Manusia yang dialami oleh masyarakat adat.

Konflik yang berkepanjangan antara masyarakat adat dengan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) sampai hari ini belum mendapat solusi yang berpihak kepada masyarakat adat.

Komunitas adat yang selama 30 tahun lebih berjuang mempertahankan wilayah adatnya dari PT. TPL, kerap mengalami kasus kekerasan, intimidasi dan kriminalisasi, terutama dari pihak kepolisian.

Atas dasar kejadian itulah masyarakat adat yang datang dari kawasan Danau Toba, mengadukan persoalan yang sedang dialami masyarakat, sekaligus menindaklanjuti kasus-kasus yang sebelumnya sudah diadukan oleh perwakilan Masyarakat Adat ke Komnas HAM.

Baca juga :  PT Siluet Nyoman Nuarta dan PosIND Kirimkan Bilah Selubung Sayap Garuda Terakhir ke IKN 

Pertemuan ini di terima oleh Ahmad Taufan Damanik selaku Ketua Komnas HAM dan Sandra Moniaga Komisioner sebagai Komnas HAM beserta jajarannya.

Diawal oleh Roganda Simanjuntak mewakili Aliansi Gerak Tutup TPL, menjelaskan persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat adat seperti persoalan limbah, intimidasi, kekerasan, kriminalisasi, penyerobotan dan pengrusakan wilayah adat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PT Bank MNC Internasional Tbk

Bank  MNC Internasional Siap Gelar Private Placement 4,445 Miliar Saham

JAKARTA – Manajemen PT Bank  MNC Internasional Tbk (BABP) berencana melakukan

Tol Sumatera Jadi Tulang Punggung Pengembangan Enam Wilayah

JAKARTA–Pemerintah terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera. Kehadiran