NPI Masih Defisit

Thursday 14 Nov 2013, 9 : 25 pm
by

JAKARTA-Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) mencatat defisit yang relatif sama dengan triwulan sebelumnya. Meskipun pada triwulan III-2013 terjadi perbaikan pada kinerja transaksi berjalan namun berkurangnya surplus transaksi modal dan finansial pada periode yang sama menyebabkan defisit NPI pada triwulan III-2013 tercatat sebesar US$2,6 miliar atau relatif sama dengan defisit pada triwulan sebelumnya sebesar US$2,5 miliar. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, BI, Difi A. Johansyah  mengatakan bahwa dengan perkembangan tersebut, Cadangan Devisa Indonesia pada akhir September 2013 tercatat sebesar US$95,7 miliar, namun kemudian meningkat US$1,3 miliar menjadi US$97,0 miliar pada akhir Oktober 2013.

Posisi cadangan devisa tersebut kata dia setara dengan 5,5 bulan impor atau setara dengan 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. “BI memandang jumlah tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional,” jelas dia.

Baca juga :  Bank BTN Terbitkan Tabungan BTN Qurban iB

Sementara itu, pada triwulan IV-2013, proses pemulihan keseimbangan eksternal Indonesia diproyeksikan akan terus berlanjut seiring perbaikan kondisi ekonomi dan keuangan global di tengah tren perlambatan ekonomi domestik. Kinerja NPI diperkirakan terus membaik terutama ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat. Tren perbaikan transaksi berjalan juga diperkirakan terus berlanjut yang dipengaruhi oleh penurunan impor nonmigas dan berkurangnya defisit neraca jasa seiring melambatnya permintaan domestik. Meskipun demikian, perbaikan kinerja NPI masih memerlukan koordinasi kebijakan lanjutan antara Pemerintah dan BI , antara lain di sektor migas yang perlu langkah-langkah pengendalian konsumsi BBM untuk mengurangi defisit transaksi berjalan dari masih tingginya impor minyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PNMP Hentikan PUB Sukuk Mudharabah I, Pasar Modal Kurang Kondusif

JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNMP), lembaga pembiayaan, mengumumkan 

BSI Maslahat Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Kepada 20 UMKM

JAKARTA – BSI Maslahat menyalurkan bantuan peralatan usaha kepada 20