Pada 2025, Transaksi Niaga Elektronik Diprediksi Tembus Rp1.230 Triliun

Saturday 23 Mar 2024, 9 : 40 am
by
Mendag Zulkifli Hasan

Berdasarkan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2023, layanan digital Kemendag berhasil meraih predikat sangat baik dengan memperoleh indeks 4,16.

SPBE menilai aspek tata kelola, arsitektur, standar, dan keamanan yang berkelanjutan dari layanan digital pada kementerian dan lembaga.

Dia  menekankan, untuk mencapai potensi penuh dari ekosistem digital, data menjadi aset paling berharga yang harus dielaborasi dan dikelola dengan bijaksana.

“Untuk itu, kita harus memanfaatkan data secara cerdas dan etis. Kita perlu menciptakan ekosistem digital yang inklusif, berdaya saing, dan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat,” imbuhnya.

Selain itu, dia menyampaikan, kolaborasi menjadi kunci untuk untuk membangun ekonomi Indonesia.

Dalam hal ini, kolaborasi juga mencakup kolaborasi dalam mengembangkan dan memanfaatkan ekosistem data serta perdagangan digital.

“Kolaborasi adalah kunci. Saya harap kita dapat membentuk sinergi yang kuat melibatkan pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem data dan perdagangan digital yang inklusif dan berdaya saing,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Anjurkan ASN/PNS Antar Anaknya ke Sekolah

JAKARTA-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi,

Gudang Garam Tambah Modal Surya Dhoho Investama Rp1 Triliun

JAKARTA-Manajemen PT Gudang Garam Tbk (GGRM) mengungkapkan, pihaknya telah meningkatkan