Pakar Komunikasi: Pilih Pemimpin dengan Kecerdasan Emosional, Intelektual, dan Spiritual Teruji

Wednesday 24 Jan 2024, 12 : 29 am
Komunikolog Indonesia, Emrus Sihombing

JAKARTA-Masyarakat Indonesia diminta untuk memilih pemimpin yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual (intelligent quotient, IQ), tapi harus juga mempertimbangkan kecerdasan emosional (emotional quotient, EQ), serta kecerdasan spiritual (spiritual quotient, SQ).

Pernyataan itu disampaikan pakar komunikasi Emrus Sihombing dalam diskusi media bertema ‘Buka-Bukaan Data Debat Prof Mahfud Tentang Hilirisasi dan Tambang’ di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Cemara, Jakarta, 23 Januari 2024.

Dipandu Mirza Ahmad, Emrus hadir bersama tiga narasumber lain yakni anggota Dewan Pakar TPN Sonny Keraf, Sekretaris Eksekutif TPN Heru Dewanto, dan Juru Bicara TPN Chico Hakim.

“Saat menentukan pilihannya pada 14 Februari 2024, mohon seluruh rakyat Indonesia memperhatikan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Kalau tiga poin ini tak dimiliki, saya meragukan kepemimpinan itu,” kata Emrus.

Pengajar Ilmu Komunikasi di beberapa perguruan tinggi ini menekankan pentingnya faktor kecerdasan emosional sebagai pertimbangan utama.

“Dari empat kali debat yang telah berlangsung, saya yakin publik sudah punya kesimpulan siapa yang memiliki kecerdasan emosional yang bagus dan yang rendah. Ada pasangan calon yang memiliki kedewasaan luar biasa, tapi di sisi lain ada paslon yang tidak dewasa, baik capres maupun cawapresnya. Pilihlah kandidat yang punya tiga hal ini dalam satu pasangan,” kata Emrus.

Terkait polah cawapres paslon nomor urut 02, Gibran Rakabuming, dalam debat cawapres 21 Januari 2024, Emrus mengatakan, dalam teori komunikasi, apa yang kita lakukan tak pernah ada di ruang hampa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Jasa Armada Indonesia Tbk Jalin Kerjasama Sinergi dengan PT GTS Internasional

IPCM Teken MoU Dengan PT GTS Internasional

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum

Pasangan Mesum di Serpong Terjaring Razia

TANGERANG-Puluhan penyewa kamar dan 3 pasangan muda mudi bukan suami