Partai Demokrat Diduga Berada di Balik Aksi Anarkis FPI di Bandung

Tuesday 17 Jan 2017, 12 : 55 am
Politikus Partai Demokrat, Benny K Harman

“Memang sangat politis dan bahkan politiking apabila BKH sampai meminta Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Anton Charliyan harus dicopot dari jabatannya selaku Kapolda dan untuk itu akan memanggil Kapolri untuk menjelaskan jabatan Pembina Harian Irjen Pol. Anton Charliyan dalam Ormas GMBI termasuk aktivitas GMBI turut mengamankan Kota Bandung ketika ada unjuk rasa FPI mengantarkan Rizieq Shihab saat diperiksa Polda Jawa Barat,” jelasnya.

Petrus menjelaskan, secara hukum anggota Kepolisian yang menjadi pembina Ormas bahkan mendirikan Ormas sekalipun merupakan wujud tanggung jawab profesionalisme Polri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab humum dan moral.

Namun yang  dilarang dan tidak diperkenankan oleh UU Polri adalah anggota Kepolisian RI terlibat dalam kegiatan politik praktis karenanya Polri harus bersikap netral (pasal 26 UU Polri).

Dengan demikian sikap BKH dalam persoalan pembinaan ormas oleh anggota Polri sebagai sebuah pelanggaran, justru ini cara berpikir yang keliru dan salah memaknai tugas dan tanggung jawab pokok polri menurut UU.

“Karena itu BKH dan Partai Demokrat bisa dianggap telah menyalahgunakan fungsi kontrol Komisi III DPR RI terhadap mitra kerjanya yaitu Polri untuk tujuan pokitik lain di luar penguunaan fungsi kontrol Dewan terhadap Polri,” pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perppu Reformasi Keuangan Bakal Bahayakan Stabilitas Moneter dan Finansial

JAKARTA-Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Dradjad

The Fed Putuskan Tapering US$10 Miliar

JAKARTA-Bursa AS ditutup menguat signifikan sekitar 1.5% di akhir sesi