Pefindo Tetapkan Rating TOBA di Level Single A dengan Prospek Stabil

Wednesday 9 Nov 2022, 9 : 11 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) di level idA (Single A), karena bisnis perseroan dinilai terdiversifikasi secara baik dengan struktur modal yang konservatif.

“Pefindo menetapkan peringkat PT TBS Energi Utama Tbk di level idA, dengan prospek di posisi Stabil,” tulis Tim Riset Pefindo dalam Ikhtisar Peringkat TOBA yang dikirim melalui surat elektronik, Rabu (9/11).

Pefindo menilai, peringkat Single A yang disematkan pada TOBA tersebut mencerminkan bahwa perusahaan di bidang pertambangan batubara ini memiliki bisnis yang terdiversifikasi secara baik dengan struktur modal yang konservatif dan proteksi arus kas maupun likuiditas yang kuat.

“Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh risiko atas pengembangan proyek-proyek baru, serta eksposur terhadap risiko fluktuasi harga komoditas,” demikian disebutkan dalam analisis Pefindo.

Tim Riset Pefindo menyampaikan, peringkat TOBA bisa saja dinaikkan, apabila perusahaan pemilik pembangkit listrik ini mampu mengoperasikan proyek-proyek baru yang telah direncanakan dan bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan proyeksi sebelumnya.

Selain itu, rating TOBA akan dinaikkan, jika perusahaan bisa mempertahankan marjin laba dan struktur permodalan konservatif yang akan meningkatkan profil kredit secara berkelanjutan.

Saat ini, TOBA merencanakan untuk ekspansi ke bidang kendaraan listrik dan energi terbarukan.

“Peringkat TOBA dapat diturunkan, apabila perusahaan menghasilkan pendapatan dan/atau marjin laba yang lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi,” tulisi Tim Riset Pefindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Jokowi Ajak Dunia Perangi ‘Illegal Fishing’

YOGYAKARTA-Presiden Joko Widodo mengajak dunia internasional bersama-sama memerangi praktek pencurian

Penyaluran Kredit Bank BTPN Tumbuh 7% pada 2023

JAKARTA – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencatatkan peningkatan