Pemegang Saham Setujui Rencana META untuk Akuisisi Jalan Tol MBZ

Friday 7 Oct 2022, 8 : 22 pm
by
Ilustrasi/PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek

JAKARTA-Pemegang saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) menyetujui rencana anak usaha perseroan, PT Margautama Nusantara untuk mengakuisisi 40 persen saham PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), dengan nilai transaksi maksimal Rp4,38 triliun.

Persetujuan itu diperoleh META saat pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang digelar di Jakarta, Jumat (7/10).

Perlu diketahui, JJC yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengelola ruas tol Jakarta-Cikampek Elevated Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed atau yang dikenal dengan Jalan Tol MBZ.

Menurut Direktur Utama META, Ramdani Basri di Jakarta, Jumat (7/10), aksi korporasi ini merupakan salah satu strategi bisnis untuk memperkuat portofolio perseroan di sektor jalan tol.

Dia menyebutkan, langkah ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong pertumbuhan infrastruktur wilayah secara berkelanjutan.

Ramdani menyampaikan, Jalan Tol MBZ merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia dan sebagai jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia, karena dibangun di atas ruas tol Jakarta-Cikampek.

“Kami menilai Jalan Tol MBZ merupakan proyek strategis dengan prospek lalu lintas yang padat, sehingga sesuai dengan target investasi perseroan dan diharapkan dapat berkontribusi positif bagi kinerja keuangan di masa mendatang,” ujar Ramdani.

Dia menegaskan, saham sebesar 40 persen yang rencananya akan diakuisisi tersebut, nilainya setara dengan Rp4,38 triliun.

Pada Kuartal IV-2022, META ini akan melanjutkan beberapa proyek, salah satunya pembangunan jalan akses tol dari dan ke Makassar New Port (MNP) sepanjang ±2,2 kilometer, yang menghubungkan Pelabuhan Lama, serta Bandara Sultan Hasanudin ke MNP.

Selain itu, menurut Ramdani, META juga sedang melanjutkan proses lelang untuk Jalan Tol Layang Cikunir-Ulujami, yang saat ini masih berada dalam tahap evaluasi tender.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kebutuhan Pembiayaan dan Penyaluran Kredit Baru Meningkat Pada Maret

JAKARTA – Kebutuhan pembiayaan korporasi pada Maret 2024 terindikasi meningkat,

Solo ‘Memerah’ di Kampanye Ganjar-Mahfud, Puan: Biarkan Rakyat Pilih Pemimpin Sesuai Hatinya!

SOLO-Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menghadiri kampanye hari