Pemenuhan Hak Asasi Perempuan Dalam Pandangan Islam

Minggu 5 Jun 2022, 4 : 35 pm
by

Beberapa di antaranya adalah, “Wahai manusia Kami ciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan Kami jadikan kamu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa kepada-Nya”.(Q.S. al-Hujurat, [49]:13).

Di ayat lainnya, juga ditegaskan bahwa, “Orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, laki-laki dan perempuan saling membantu dalam kerja-kerja mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran…”(Q.S. al-Taubah, [9]:71). “Dan sungguh, Kami benar-benar memuliakan anak cucu Adam (manusia)”.

Tak hanya ayat Al Quran, hadist Nabi Muhammad, sebagai sumber hukum kedua, mengatakan, “Sungguh, Allah tidak menilai kamu pada tubuh dan wajahmu melainkan pada tingkahlaku dan hatimu.”

Sangat jelas dan tegas bahwa teks-teks Islam di atas menunjukkan bahwa keunggulan manusia hanyalah atas dasar ketaqwaannya kepada Tuhan.

Dan bahwa laki-laki dan perempuan dituntut untuk bekerjasama melakukan peran-peran social, kebudayaan dan politik dalam maknanya yang luas.

Berkaitan dengan keadilan al-Qur’an, antara lain menegaskan, “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(Q.S. al-Maidah,[5]:8).

Menarik bagi saya untuk mengemukakan pernyataan Ibn al-Qayyim mengenai hal ini. Salah satu intelektual Islam terkemuka era abad 13 mengatakan, “Sesungguhnya, Tuhan mengutus para Nabi dan menurunkan kitab suci-Nya dalam rangka menegakkan keadilan ditengah-tengah manusia. Dengan keadilan, langit dan bumi menjadi tegak. Maka jika telah terdapat indikasi-indikasi keadilan dan telah jelas formatnya melalui berbagai cara yang mungkin, di situlah agama dan hukum Tuhan.”

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Lima Rusunawa dan 50 Unit Rusus di Jawa Tengah Diresmikan

JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong

Pemerintah Dorong Pengembangan Riset Industri Hulu dan Hilir Komoditas Perkebunan Nasional

JAKARTA-Komoditas perkebunan nasional, seperti kopi, kakao, dan teh, telah menjadi