Pemenuhan Hak Asasi Perempuan Dalam Pandangan Islam

Minggu 5 Jun 2022, 4 : 35 pm
by

“Tujuan agama adalah tegaknya keadilan. Maka berbagai cara yang dapat dilakukan orang untuk menghasilkan (mencapai) tegaknya keadilan, merupakan bagian dari agama (hukum Tuhan) dan sama sekali tidak bertentangan dengannya,” paparnya lagi.

Dengan begitu maka tak dapat disangsikan lagi bahwa Islam menghendaki agar umatnya menegakkan sebuah tata politik di muka bumi untuk menciptakan moral yang egaliterian dan adil.
Keduanya merupakan nilai-nilai kemanusiaan fundamental dan universal yang harus melandasi setiap pemikiran dan kebijakan public/politik di manapun dan kapanpun.

Berangkat dari prinsip-prinsip kemanusiaan Islam di atas, Organisasi Islam Internasional (OKI), dalam konferensi di Kairo tahun 1990, menyepakati sebuah dekralasi yang kemudian populer disebut sebagai Deklarasi Kairo 1990.

Beberapa pasal yang patut dikemukakan antara lain : “Manusia adalah satu keluarga, sebagai hamba Allah dan berasal dari Adam. Semua orang adalah sama dipandang dari martabat dasar manusia dan kewajiban dasar mereka tanpa diskriminasi ras, warna kulit, bahasa, jenis kelamin, kepercayaan agama, ideologi politik, status sosial, atau pertimbangan-pertimbangan lain. Keyakinan yang benar menjamin berkembangnya penghormatan terhadap martabat manusia ini”. (Pasal 1 ayat 1).

“Semua makhluk adalah keluarga Allah dan yang sangat dicintainya adalah yang berguna bagi keluarganya. Tidak ada kelebihan seseorang atas yang lainnya kecuali atas dasar takwa dan amal baiknya”.(ps. 1 ayat 2).

“Memelihara keberlangsungan hidup manusia adalah kewajiban, dan keselamatan manusia harus dilindungi. Siapapun dilarang melanggarnya dan mencabut hak hidup siapapun kecuali atas dasar hukum. Negara berkewajiban melindungi warganya. (ps. 2 ayat c dan d).

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Amazfit Luncurkan Amazfit GTR 3 Pro, GTR 3 & GTS 3 di Indonesia

Untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh, olahraga atau aktivitas fisik

Pasar Klewer Diminta Tampung Produk Daerah Lain

SOLO-Presiden Joko Widodo meresmikan dibukanya kembali Pasar Klewer di Kota