Pemkab Tangerang Terus Lakukan Pengawasan Covid-19

Tuesday 3 Mar 2020, 6 : 16 pm
by
Bupati Ahmed Zaki Iskandar

TANGERANG-Pemerintahan Kabupaten Tangerang terus mengantisifasi dampak penyebaran virus Corona. Salah satu caranya, mensosialisasikan bagaimana penularan dan langkah penanganannya.

“Saya sudah intruksikan melakukan pemantauan, mengantisipasi penyebaran Virus corona. Dinkes sudah bergerak diwilayah,” ungkap Bupati Ahmed Zaki Iskandar.

Novel coronavirus (Covid-19) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini dari Cina. Novel Corona merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan Mers.

Dampak virus tersebut terus megencarkan dibelahan dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Bupati Tangerang meminta masyarakat tidak panik dan tetap waspada dengan kejadian Coronavirus.

Salah satu cara menangkalnya yakni fokus menjaga kebersihan diri dan terus meningkatkan daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung vitamin tentunya dan makanan yang sehat, serta istirahat yang cukup.

“Mari kita jaga kebersihan tubuh, agar terhindar dari virus dan segala hal penyakit,” ungkap Bupati.

Kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang menggelar Rapat mengenai penanganan sosialisasi dampak penyebaran Suspek Virus Corona (Covid-19).

Rapat dilakukan di ruang Wareng Gedung Bupati Tangerang, Selasa, 3/03.

Rapat dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan 40 Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang, agar mensosialisasikan secara menyeluruh penanganan dan antisipasi dampak penyebaran Corona di Kabupaten Tangerang.

“Upaya penanganan sudah dilakukan Pemkab Tangerang, oleh masing-Masing Puskesmas dan RSUD Tangerang sejak Januari 2020,” ungkap Sekda Moch. Maesyal Rasyied.

Sekda pun menghimbau kepada para ASN, Tenaga Medis, hingga Camat dan masyarakat Kabupaten Tangerang agar tidak panik dengan maraknya kasus Corona di Kabupaten Tangerang, karena Pemkab Tangerang melakukan pemantauan secara aktif, baik warga Neraga Indonesia yang pergi keluar negeri atau Warga Negara Asing yang berkunjung yang datang kita terus berupaya mengecek.

“Saya menghimbau kepada ASN dan Masyarakat agar tidak panik, dan lebih waspada menjaga prilaku Hidup bersih dan sehat di masyarakat. Kalau tidak sakit jangan pakai masker,” ujar Sekda usai Rapat terbatas diruang Wareng.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr.Desiriana Dinardianti, MARS menambahkan pihaknya sudah melakukan pemantauan terhadap WNI dan WNA di Kabupaten Tangerang sejauh mana kondisi diwilayah Tangerang.

“Puskesmas terus melakukan pemantauan disetiap wilayah Kabupaten Tangerang, jika terindikasi siap siaga dirujuk ke RSUD Tangerang,” ungkapnya.

Selalin pemantauan, Lanjut Kadiskes, Pemkab Tangerang melalui RSUD Tangerang menyiapkan 7 ruang isolasi yang akan disiapkan mengantisipasi bila mana ada yang terjangkit Virus tersebut.

“Kita siapkan Ruang Isolasi di RSUD Tangerang, dan penanganan intensif terus dilakukan mulai dari puskesmas hingga Rumah sakit rujukan,” ujarnya.

Mencegah Virus Corona itu menular dapat dilakukan diantaranya sering cuci tangan pakai sabun, rajin olahraga dan istirahat cukup, gunakan masker bila batuk atau pilek.

“Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah, bila batuk pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, hati-hati kontak dengan hewan,” pintanya.

Dan apa bila gejala-gelala Virus Corona ada diwilayah masyarakat dapat menghubungi Call Senter Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan nomor (021 )- 5990535/081513554433. lakukan hidup bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketimpangan Ekonomi Picu Konflik Sosial

JAKARTA-Kesejangan ekonomi antara kaya dan miskin di Indonesia semakin melabar.

Jokowi: Hentikan Kebiasaan Senang Barang Merek Impor

JAWA TENGAH-Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga dengan