Pemkot Tangsel Masih Hitung Biaya Operasional Tim Satgas Covid Tingkat RT RW

Tuesday 9 Feb 2021, 3 : 25 pm
by

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengaku masih menghitung beban pembiayaan operasional tim Satuan Tugas RT RW, selama masa PPKM mikro yang efektif diterapkan 9 sampai 22 Februari 2021.

“Kalau ada beban operasional tim satgas Covid-19, nanti lagi dihitung sama Satgas Pemkot, mungkin engga. Karena diamanati dalam Inmedagri nomor 3 tahun 2021 seperti itu,” terang Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dikonfirmasi, Selasa 9 Februari 2021.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal mengungkapkan bahwa, sumber pembiayaan akan dibagikan berdasarkan tipe kebutuhan.

Untuk kebutuhan tingkat desa akan dibiayai APBDes, kebutuhan tingkat kelurahan akan dibiayai APBD kabupaten/kota, kebutuhan Babinsa/Bhabinkamtibnas akan dibiayai ke anggaran TNI/Polri.

Selain itu, untuk kebutuhan penguatan 3T (Testing, Tracing, Treatment) akan dibiayai oleh anggaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes), BNPB, atau APBD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Kebutuhan hidup dasar akan dibiayai oleh anggaran BULOG, Kementerian BUMN, Kementerian Sosial, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, atau APBD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

“Masih dihitung, apa saja yang bisa dialokasikan, karena APBD Kota Tangsel, sudah berjalan,” ucap Benyamin.

Benyamin menegaskan, dalam penerapan PPKM Mikro di Tangsel, ini pihaknya akan mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi Banten, terkait aturan dan ketentuan yang termuat dalam Perda tersebut.

“Kita lagi menelisik, melihat juga Perda Provinsi Banten, kalau itu sudah diundangkan. Maka itu menjadi acuan juga pasal – pasalnya mengerucut ke situ. lebih detil, lebih rinci,” jelas Benyamin.

Saat ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, masih merumuskan penekanan – penekanan dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang difokuskan di tingkat RT dan RW

“Dari kemarin sedang dirumuskan sama tim kita, jadi bedanya nanti kita memberikan penekanan penugasan lebih detail ke satgas Covid ditingkat RT RW,” kata Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Abunawas Group Luncurkan Bisnis Multi Service Abunawas Apps dan Abunawas Express

JAKARTA-Sebuah perusahaan berbasis digital, Abunawas Group, meluncurkan bisnis multi service
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

IHSG Berpotensi Teruskan Tren Naik, BoW ADRO, MAPA, PTBA dan WIIM

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini