Pemudik! Perhatikan 9 Tips Berkendara Aman Saat Hujan Ini

Sunday 7 Apr 2024, 1 : 57 pm
Kondisi lalu lintas di jalan Diponegoro Surabaya

JAKARTA- Mudik atau pulang kampung pada hari libur nasional dalam rangka perayaan hari besar keagamaan selalu menjadi tradisi yang lekat dalam masyarakat Indonesia.

Meski kondisi cuaca sedang tak menentu, tradisi mudik dan berkumpul bersama keluarga besar jadi suatu keharusan yang tak ternilai harganya.

Untuk sampai ke tempat tujuan, ada banyak alternatif yang dipakai para pemudik.

Bisa dengan naik pesawat, kereta api, kapal laut, bus umum dan juga kendaraan pribadi.

Khusus untuk yang berkendara saat hujan tentu menjadi hal yang cukup menantang bagi para pengemudi.

Jarak pandang yang buruk dan jalanan yang basah dan licin membuat pengemudi harus lebih berhati-hati agar tidak meningkatkan risiko kecelakaan yang membahayakan.

Oleh karena itu penting bagi untuk memahami tips berkendara yang aman saat hujan demi menjaga keselamatan diri sendiri, penumpang, serta pengguna jalan lainnya.

Berikut ini 9 tips berkendara aman saat hujan dari Auto2000 yang bisa ikuti agar sampai di tempat tujuan dengan selamat.

  1. Periksa dan Pastikan Seluruh Sistem Kendaraan dalam Kondisi Baik

Apa pun keadaan cuaca yang sedang terjadi, kondisi mobil kesayangan Anda tentu harus tetap prima. Itu sebabnya Anda perlu melakukan servis berkala ke bengkel resmi yang menyediakan suku cadang berkualitas dan didukung oleh teknisi andal.

Pemeriksaan berkala dibutuhkan agar teknisi bisa membersihkan atau mengganti komponen yang aus dengan segera. Saat kondisi kendaraan tetap prima maka pengalaman berkendara Anda bisa nyaman terlepas kondisi cuaca yang sedang terjadi.

  1. Perlahan-lahan dan Hindari Manuver Tiba-tiba

Ketika hujan turun, permukaan jalan menjadi licin sehingga menyebabkan cengkeraman antara ban dan jalanan berkurang. Supaya Anda tidak kehilangan kendali kendaraan, sebaiknya hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat. Perlahan-lahan dalam mengemudi akan memberikan Anda waktu lebih untuk merespons situasi darurat dan mencegah ban yang mungkin saja tergelincir.

3. Gunakan Lampu Kendaraan dengan Tepat

Cuaca hujan menyebabkan visibilitas pengemudi terhadap keadaan di sekeliling menjadi berkurang, terutama saat hujan deras atau kabut. Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan lampu kendaraan dengan tepat agar dapat melihat jalan dengan jelas dan menjadi lebih terlihat oleh pengemudi lain.

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Jarak aman antara kendaraan adalah kunci keselamatan. Baik sedang hujan maupun tidak, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga jarak aman demi keselamatan bersama.  Jadi pastikan Anda sudah menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan untuk memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

5. Hindari Daerah Genangan Air

Musim hujan lebat dapat menyebabkan terbentuknya genangan air di beberapa bagian jalan. Apa lagi kalau jalan tersebut memiliki lubang atau ketinggian yang tidak merata. Melalui jalanan seperti ini saat hujan jelas sangat berbahaya untuk keselamatan Anda. Pasalnya Anda tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut. Apabila ternyata salah satu roda masuk ke dalam lubang maka Anda bisa kehilangan cengkeraman terhadap kendaraan. Jadi lebih baik Anda menghindari berkendara di jalan dengan genangan air. Kalau memang harus melaluinya maka berkendaralah dengan kecepatan rendah sehingga kendali kendaraan tetap kuat.

     6. Waspadai Aquaplaning

Sistem aquaplaning atau hydroplaning terjadi ketika lapisan air di atas permukaan jalan membuat ban kendaraan kehilangan cengkeraman dengan jalan. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan kehilangan kendali dan menjadi tidak stabil.  Untuk menghindari risiko ini, cobalah untuk berkendara dalam kecepatan rendah dan pastikan ban kendaraan berada dalam kondisi baik dengan alur ban yang dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perekonomian Global Terus Berubah

JAKARTA-Perekonomian global terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Penggerak ekonomi global

Anies Relokasi Monumen 66, Fahira Idris: Terima Kasih Tetap Abadikan Perjuangan Generasi Terdahulu

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perpindahan atau relokasi Monumen