Pengrusakan Alam Semakin Merajalela, Mahfud Minta Maaf Kepada Cucu

Monday 22 Jan 2024, 9 : 46 am
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

JAKARTA– Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengutip syair lagu Ebiet G. Ade dan pesan Gus Dur saat memberikan closing statement  pada Debat Keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Pada kesempatan itu, Mahfud kembali teringat kutipan surat Ar-Rum ayat 41 “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia….” yang dilanjutkan dengan lagu Ebiet G. Ade.

“Saya teringat lagu Ebiet G. Ade yang berbunyi begini: Barangkali disana ada jawabnya, mengapa di tanahku terjadi bencana, mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkat kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa, dan seterusnya. Itu bukti kerusakan lingkungan pesan kepada kawan,” ujar Mahfud.

Ditambahkannya, masalah-masalah yang telah diperdebatkan sangat penting untuk masa depan bangsa.

Masalah utamanya lanjut Mahfud, adalah pedang hukum kita tumpul.

“Apabila pedang hukum kita tidak tumpul, kita bisa tabrak habis-habisan dan program pembangunan akan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Mahfud manyampaikan permohonan maafnya kepada para ibu dan anak cucu yang telah ikut terlibat, atau tanpa bisa berbuat apa-apa ketika terjadi perusakan alam yang ibu dan para cucu huni.

“Mas Ganjar dan saya minta maaf kepada para ibu dan cucu,” katanya.

Ganjar dan Mahfud, tambah dia, berjanji bahwa mereka akan mengembalikan secara bertahap hak rakyat, dan untuk ibu-ibu dan para anak cucu.

Demikian halnya, Ganjar-Mahfud akan menagih kepada dunia internasional untuk membayar utang-utang yang telah merusak pembangunan.

“Sebagai santri NU, saya ingin mengutip dalil Gus Dur, Tasarruf al Imam manutun bil maslahah, tugas pemerintah terhadap rakyatnya adalah kesejahterannya, selesai,” tambah Mahfud.

Kerusakan Hutan dan Food Estate

Sementara itu,  saat debat, cawapres nomor urut 3 ini menyinggung masalah gagalnya penanganan kerusakan hutan dan food estate di era pemerintahan sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hanif Dhakiri

Kemnaker Terjunkan Tim Asistensi Dorong Percepatan Penetapan UM 2015

JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) menerjunkan tim asistensi ke berbagai
Menko Airlangga Hartarto

Lampaui USD 4 Miliar, Ekspor Otomotif Nasional Dibidik 400 Ribu Unit

SURABAYA-Industri otomotif menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam menopang