Perkuat Ekosistem, Bappebti Rancang Permendag PLK

Tuesday 10 Oct 2023, 7 : 44 am
Kepala Badan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko

Beberapa isu strategis substansi Rancangan Permendag PLK, antara lain jenis PLK, pengaturan mekanisme pembinaan/pengembangan PLK, kelembagaan, pembagian kewenangan pembinaan/pengembangan antara pemerintah pusat dan daerah, sinergitas kebijakan/ program antara pemerintah pusat dan daerah, potensi perdagangan komoditas melalui sinergi PLK dengan SRG dan pemetaan komoditas strategis untuk diperdagangkan melalui PLK.

Selain itu, Rancangan Permendag PLK juga akan mengatur pasar lelang spot dan forward yang melibatkan banyak penjual dan pembeli, penyelenggara lelang komoditas harus mendapatkan izin dari Bappebti dan pengawasan PLK juga menjadi perhatian dalam rancangan peraturan itu.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan SRG dan PLK Heryono Hadi Prasetyo mengungkapkan, Rancangan Permendag PLK akan mengatur juga mutu komoditas dan grading komoditi yang akan ditransaksikan.

“Integrasi PLK dengan SRG akan didorong sebagai akses pasar komoditas yang disimpan di gudang SRG. Komoditas yang ditransaksikan melalui PLK termasuk standar mutunya akan diatur dalam Keputusan Menteri Perdagangan berdasarkan masukan dari K/L, Pemda, Asosiasi, dan Pelaku Usaha,” imbuhnya.

Sekretaris Bappebti Olvy Andrianita menekankan, penguatan PLK dan integrasinya melalui pemasaran komoditas dari gudang SRG merupakan target Bappebti dalam mendukung pengembangan komoditas unggulan/strategis dalam perdagangan.

Maka dari itu, penguatan regulasi penting sebagai langkah awal dalam pijakan menentukan kebijakan strategis.

“Diharapkan melalui diskusi ini akan mengalir inisiatif dan prakarsa positif yang konstruktif dalam proses Rancangan Permendag PLK, termasuk ide dan usul dari dinas daerah. Pemerintah Daerah adalah pihak yang akan lebih paham dengan kondisi masyarakat di wilayah masing-masing sehingga perannya sangat signifikan,” tegas Olvy.

Para perwakilan dinas turut menyatakan dukungannya pada rencana pemerintah dalam penyempurnaan regulasi PLK.

Terkait komoditas yang ditransaksikan, harus dipastikan benar-benar komoditas unggulan dan sesuai kebutuhan sehingga berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kolaborasi pemerintah pusat dan daerah harus dikuatkan.

Namun, yang tidak juga kalah penting adalah penguatan koordinasi antar pemerintah daerah.

Hal ini agar tercipta kompetisi sehat antar wilayah dalam kerangka peningkatan perekonomian daerah dan pemerataan pembangunan.

Sedangkan, para perwakilan pelaku usaha yang hadir juga menekankan pentingnya jenis komoditas PLK harus berangkat dari usulan para pemangku kepentingan/masyarakat.

Peran Bappebti adalah sebagai pemangku yang melakukan kajian dan mengambil kebijakan.

Selain itu peran aktif off-taker juga menjadi penting dalam mendorong implementasi PLK yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Beredar Desain Uang NKRI Palsu

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) melakukan klarifikasi sehubungan dengan beredarnya gambar yang

Ini Daftar 15 Nama Calon Anggota BPK Rekomendasi DPD RI

JAKARTA-Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sepakat merekomendasikan 15