Perkuat Proteksi Asuransi Masyarakat, Cermati Protect Gandeng Mega Insurance Unit Syariah

Thursday 21 Sep 2023, 1 : 55 pm
Perkuat Proteksi Asuransi Masyarakat, Cermati Protect Gandeng Mega Insurance Unit Syariah

JAKARTA-Dalam upaya meningkatkan perlindungan masyarakat lewat layanan asuransi berbasis syariah, Cermati Protect (PT Fokus Solusi Proteksi) sebagai perusahaan pialang asuransi menggandeng Mega Insurance Unit Syariah (PT Asuransi Umum Mega Unit Usaha Syariah).

Kerja sama ini merupakan bukti nyata komitmen Cermati Protect dan Mega Insurance Unit Syariah untuk terus meningkatkan layanan perlindungan kepada masyarakat Indonesia.

Peningkatan ragam produk asuransi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan tentunya mendorong peningkatan inklusi sektor asuransi di Indonesia.

Berdasarkan laporan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi sektor asuransi di Indonesia mengalami pertumbuhan dari 13,15% pada tahun 2019 menjadi 16,63% pada tahun 2022.

Hadirnya produk asuransi berbasis syariah ini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan lewat produk asuransi, namun tetap memperhatikan hal-hal yang sesuai syariat agama atau hukum syariah.

Produk asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong antar peserta atau pemegang polis.

Asuransi syariah menerapkan prinsip sharing of risk (berbagi risiko), artinya risiko yang dialami satu orang dilindungi oleh seluruh orang yang menjadi pemegang polis.

Proteksi syariah menerapkan kepemilikan dana bersama (dana kolektif para peserta).

Jika ada peserta yang mengalami musibah, maka peserta lain akan membantu (memberikan santunan) melalui kumpulan dana tabarru’ (sumbangan).

Ini adalah bagian dari prinsip sharing of risk. Adapun transaksi dalam asuransi syariah juga harus terhindar dari unsur Maysir (untung-untungan), Gharar (ketidakjelasan), Riba (bunga), & Risywah (suap).

VP of Insurance Cermati Protect, Juanri, mengatakan, Cermati Protect terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dengan memperluas jangkauan perlindungan melalui asuransi berbasis syariah yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ustadz pun Masuk Penjara

Oleh: KH Maman Imanulhaq Ketika lapar, rakyat diberi uang hasil
UNVR, ASII, BBCA, AALI, BSDE, TLKM, SMGR

IHSG Siap Rebound di Akhir Pekan, Buy CMNT, POWR, BBRI dan INDF

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir