Pilkada Belu, NTT: Gara-gara Air, Dokter Ini Akhirnya Menjadi Bupati

Thursday 25 Mar 2021, 10 : 19 pm
by
Dokter Taolin Agustinus, Bupati Terpilih Kabupaten Belu 2021-2026

BELU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu akirnya menetapkan Taolin Agustinus Hening sebagai Bupati dan Aloysius Haleserens sebagai Wakil Bupai Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) .

Taolin Agustinus Hening yang juga Dokter Spesialis Penyakit Dalam ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Pleno nomor :61/PL.02.7-Pu/5304/KP-Kab/III/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, Senin (22/3/2021).

Kedua pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang dengan selisih 247 suara dari pesaing utama, sang petahana, Willybrodus Lay dan JT Ose Luan.

Pada Pilkada Kabupaten Belu 9 Desember 2020 yang lalu, dr Taolin Agustinus bersama calon wakilnya Aloysius Haleserens berhasil memperoleh suara 50.623.

Taolin dan Haleserens akan menjadi Bupati dari tahun 2021-2026.

Belu adalah Kabupaten yang terletak di wilayah perbatasan dengan matahari terbit Timor Leste.

Taolin yang pernah meraih predikat sebagai dokter teladan puskesmas se-NTT tahun 2018 ini memang sengaja memasuki gelanggang politik yang sebenarnya jauh dari profesinya sebagai dokter penyakit dalam.

Namun karena misinya yang mulia, Taolin memang berharap dapat mewujudkan mimpinya melalui menjadi bupati daerahnya.

Cita-citanya tidak muluk tetapi memang tidak mudah diwujudkan jika melihat pemerintah daerah periode-periode sebelumnya yang juga belum berhasil.

Jika menjadi bupati, dua mimpi yang menjadi prioritas utamanya adalah menggratiskan bagi masyarakatnya perawatan kesehatan dan akses untuk mendapatkan air bersih.

Dokter lulusan FK-UGM, Jogyakarta ini memang menyadari dua mimpi inilah yang paling utama dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Menurut Wasekjen dan sekaligus Ketua Tim Pengacara Badan Advokasi Hukum (BAHU) DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim di Jakarta, Rabu (26/03/2021), Taolin yang lulusan spesialis penyakit dalam Universitas Diponegoro ini sejak mengabdikan diri sebagai dokter puskesman di desa Halilulik, Belu hingga menjadi Kepala RSUD Atambua, Ibukota Kabupaten Belu selalu berpikir keras terkait dengan air dan kesehatan masyarakat.

Dan, Taolin yang juga menjadi salah satu Ketua PB Ikatan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia ini menyadari hanya dengan masuk politik dirinya dapat mewujudkan mimpinya.

Dengan memberi pelayanan kesehatan yang prima dan akses untuk mendapatkan air bersih, Belu dapat mengejar ketertinggalan ataupun kekurangannya dari kabupaten lain.

“Taolin sangat mengenal setiap jengkal tanah kelahirannya. Saya yakin Taolin akan mewujudkan mimpinya. Pelayanan kesehatan yang prima dan air bersih akan terwujud tidak lama lagi. Partai Nasdem akan mendukung habis program ini,” ujar Taslim.

Masih menurut Taslim, Taolin sadar dan memahami betul filosofi lagu yang berjudul Tebe O Nana.

“Lagu daerah asal Belu itu mengisahkan bagaimana nasihat leluhur masyarakat Belu tentang kesehatan dan pengobatan atau obat-obatan yang menjadi hal utama dalam kehidupan. Bila lingkungan sehat dan masyarakatnya disiplin maka kesejahteraan pun akan menyertai,” kata Taslim.

Sementara menurut Taolin dia memang harus mewujudkan mimpinya itu dan kemudian baru akan mewujudkan program-program lain sebagaimana yang dijanjikannya dalam kampanye pilkada tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Danamon Syariah Donasi Rumah Zakat Rp 75 Juta

JAKARTA-Danamon Syariah menjalin kerjasama dengan Rumah Zakat dalam bentuk layanan

Menkeu Ceritakan Akuisisi Freeport Hingga ke Pangkuan Indonesia

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bercerita dalam laman facebooknya