Polemik Pasca Musda KNPI, Ihwal Ketidakpahaman Subyek Hukum

Thursday 24 Dec 2020, 6 : 52 pm
by
ILustrasi KNPI

BEKASI-Polemik pasca Musyawara Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi, terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan covid-19 seharusnya disikapi secara bijak oleh semua pihak.

Musda KNPI yang disebut menimbulkan keramaian, merupakan situasi yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Apalagi, Ketua Gugus Covid-19 yang juga Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, telah meminta panitia pelaksana Musda KNPI agar melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dengan adanya pemeriksaan suhu dan rapid test, serta jumlah peserta tidak melebihi 50 persen dari kapasitas ruangan.

Menurut Pengamat Kebijakan Publik dari Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi, Hamluddin, situasi dengan banyaknya jumlah orang yang berkumpul selalu sulit diprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Termasuk sebaran covid-19, sulit diketahui karena seseorang tidak ada yang menyadari siapa pembawa virus di antara mereka.

Jika semua kerumunan didorong ke ranah hukum tidaklah bijak. Apalagi mendesak polisi untuk memeriksa walikota yang berstatus sebagai undangan untuk membuka acara Musda KNPI, rasanya tidak pas.

Dapat dipastikan, desakan tersebut datang dari aktor kepentingan yang ingin mengambil untung di Musda KNPI.

Karena kepentingannya tidak terwujud, aktor kepentingan tersebut kemudian menyoroti aspek lain seperti pelanggaran protokol kesehatan.

Dengan begitu, kekecewaan atau kekesalannya bisa sedikit terobati.

Menurut saya, opini yang dibangun untuk memeriksa walikota Bekasi tidak fair.

Harus dipahami bahwa subyek hukum dalam perkara pidana untuk pelanggaran protokol kesehatan adalah panitia pelaksana acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indeks Keberdayaan Konsumen Belum Terukur

JAKARTA-Meski menjadi konsumen terbesar ke-4 dunia setelah China, India, dan

Budaya Maritim: Revolusi Laut Diawali Dari Meja Makan

JAKARTA-Bangsa Indonesia tidak dikenal sebagai pemakan ikan sekalipun kaya akan