Polres Tangsel Bentuk Tim Khusus Awasi Aksi Pencurian Rumsong

Wednesday 12 May 2021, 6 : 48 pm
by
Ilustrasi

TANGERANG-Kepolisian Resor Tangerang Selatan (Tangsel) membentuk tim khusus untuk mengawasi kompleks perumahan dan pemukiman di Tangerang Selatan yang ditinggal oleh pemiliknya yang mudik lebaran.

Tim ini bertugas memonitor serta mewaspadai aksi kriminalitas berupa aksi pencurian dan pembobolan rumah kosong (rumsong).

“Kami telah membentuk tim khusus untuk pengamanan selama libur lebaran, Kring Reserse ditugasi untuk monitoring pencegahan tindak kejahatan terhadap rumah kosong,” kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman ditemui Rabu 12 Mei 2021.

Dijelaskan dia bahwa, kegiatan patroli kawasan perumahan dan permukiman akan semakin ditingkatkan menyusul kerawanan rutin yang terjadi setiap musim lebaran.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengungkapkan, sekitar 30 persen warganya telah melakukan mudik lebaran. Untuk itu, kewaspadaan lingkungan mesti ditingkatkan guna menghadapi ancaman tindak kriminalitas.

Dijelaskan Iman, sebenarnya untuk wilayah perumahan sebagian besar itu sudah memiliki petugas keamanan (Satpam). Untuk itu, dia menegaskan petugas Polisi yang menggelar patroli bekerjasama dengan Satpam perumahan.

“Kita ingatkan juga kepada mereka (satpam). Untuk area-area non perumahan itu kan ada warga RT/RW fungsinya dimaksimalkan. Sebagian besar adalah warga asli sekitar yang tidak pulang kampung untuk mudik lebaran,” ucapnya.

Dia menyebutkan, untuk wilayah paling rawan terjadi tindak kriminal pembobolan rumah kosong diantaranya di wilayah Pondok Aren, Pamulang dan Ciputat.

“Mengingat jumlah penduduk di wilayah itu padat dan dominasi penduduknya itu pendatang. Jadi dengan kondisi seperti sekarang potensi mereka meninggalkan rumah untuk mudik lebaran berpeluang dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan,” jelas Iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sumber Dana Akuisisi Freeport Harus Transparan

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menilai bahwa pemerintah harus
Relawan Jokowi

Jomari Usul 5 Nama Calon Menteri Dari NTT

JAKARTA-Relawan Jo’mari Flobamora (Jokowi Ma’ruf Amin dari daerah Flores, Sumba,