Puan Harap Munas Alim Ulama dan Konbes NU Hasilkan Panduan Berguna Bagi Nahdliyin

Monday 18 Sep 2023, 11 : 58 am
Munas ALim Ulama
Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) 2023 Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta, Senin (18/9)

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) 2023 Nahdlatul Ulama (NU) menghasilkan rekomendasi yang berguna sebagai panduan bagi warga NU menghadapi berbagai isu di tengah masyarakat.

Harapan ini disampaikan oleh cucu Bung Karno ini saat menghadiri Munas Alim Ulama dan Konbes 2023 Nahdlatul Ulama (NU) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (18/9/2023).

Mengusung tema ‘Mendampingi Umat, Memenangi Masa Depan’, Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2023 dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Semoga Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2023 menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi yang berguna sebagai panduan warga NU dan masyarakat dalam menyikapi isu-isu keagamaan, kebangsaan dan sosial kemasyarakatan,” ujar Puan.

Acara ini turut dihadiri sejumlah petinggi negara, di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno,  Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menko Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD.

Kemudian ada juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Di acara ini, Puan tampak mengenakan kerudung putih lengkap dengan pakaian muslim berwarna krem.

Saat di podium, ia duduk diapit oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya serta istri Presiden RI Keempat Abdurahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid.

Munas Alim Ulama dan Konbes 2023 NU sendiri merupakan forum tertinggi setelah Muktamar Sufi Internasional 2023 yang terselenggara di Pekalongan, Jawa Tengah.

Puan pun didaulat melakukan prosesi pemukulan rebana sebagai simbolis pembukaan acara bersama Jokowi, Gus Yahya dan Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar.

“Saya ucapkan selamat atas dimulainya Munas dan Konbes NU, mudah-mudahan ini bisa memberikan patokan dan arahan yang harus dilaksanakan Nahdliyin dalam kehidupan berbangsa maupun beragama,” tutur mantan Menko PMK tersebut.

Pada Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2023 akan dibahas sejumlah isu dari berbagai komisi, antara lain Komisi Bahtsul Masail Maudlu’iyah.

Komisi ini berkaitan dengan gelaran pemilihan umum (Pemilu), yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024.

Selanjutnya ada Komisi Bahtsul Masail Qanuniyah yang akan membahas soal kebijakan lima hari sekolah dan aturan turunan dari UU Pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Proyek Kilang Tuban Mulai Dibangun Maret 2017

JAKARTA-Groundbreaking (peletakan batu pertama) Proyek Kilang Tuban, Jawa Timur akan

Nilai Produksi Kecap dan Bumbu Capai Rp 14,3 Triliun

BEKASI-Industri makanan dan minuman di Indonesia turut menjadi motor penggerak