Puan Kecam Kekerasan di Gaza dan Minta Negara Besar Bertindak

Tuesday 26 Mar 2024, 8 : 44 pm
Ketua DPR RI Puan Maharani

SWISS – Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara dalam Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-148 yang digelar di Jenewa, Swiss.

Di hadapan para anggota sidang forum parlemen dunia itu, Puan mengecam kekejaman zionis Israel terhadap masyarakat di Gaza, Palestina.

Hal tersebut disampaikan Puan dalam sesi general debate di mana Sidang IPU kali ini bertemakan ‘Diplomasi parlemen: Membangun jembatan untuk perdamaian dan saling pengertian’. The 148th IPU Assembly berlangsung di International Conference Centre Geneva (CICG), Jenewa.

“Tahun 2024 merupakan ujian bagi komitmen kita untuk membangun dunia yang damai, adil, dan inklusif. Tatanan global sedang berada di persimpangan jalan karena dunia yang terfragmentasi,” kata Puan mengawali sambutannya, Minggu (24/3/2024).

Puan menyebut, saat ini dunia tengah dihadapi pada tantangan tidak adanya perdamaian yang menyebabkan jutaan warga sipil menderita.

“Namun meskipun terdapat tantangan global yang signifikan, parlemen harus dapat memperkuat upaya kolektif kita untuk memastikan bahwa setiap orang,
terlepas dari latar belakang mereka, bisa hidup dengan damai,” jelasnya.

Puan lqntas menyinggung mengenai umat Muslim di seluruh dunia yang saat ini sedang menjalani puasa di bulan suci Ramadan sebagai bulan penuh berkah yang mewujudkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi.

“Sayangnya, pembunuhan, pertumpahan darah, dan pengeboman oleh Israel terus berlanjut di Gaza. Ini adalah kekejaman luar biasa yang tidak dapat dijustifikasi dengan cara apa pun,” ungkap Puan.

Ketua Sidang Umum IPU ke-144 itu pun mengecam kekerasan di Gaza yang semakin menjadi-jadi.

Puan lalu mendorong negara-negara berkekuatan besar untuk bertindak membantu masyarakat Palestina.

“Berapa banyak lagi nyawa yang harus melayang sebelum masyarakat internasional bergerak? Apakah kita akan tinggal diam?” tukas cucu Bung Karno tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gandeng Pemkot Banda Aceh, BTN Beri Fasilitas Layanan

ACEH-Branch Manager PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang

Lokasi Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Masih Bermasalah

JAKARTA-Proses gugatan lahan di Cipinang-Melayu, Halim yang terkena pembebasan untuk