Puan Singgung Ekonomi Hijau Dalam KTT ASEAN

Wednesday 10 May 2023, 6 : 52 pm
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat berjalan menuju pembukaan acara ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023)./Foto: Pemberitaan DPR
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat berjalan menuju pembukaan acara ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023)./Foto: Pemberitaan DPR

LABUAN BAJO-Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyoroti ekonomi hijau dalam ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Sorotan tersebut diutarakan dihadapan 11 Pemimpin Ekskutif se-ASEAN, yang mana memuat sejumlah rekomendasi.

“Kita mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat serta berkelanjutan guna meningkatkan ketahanan ASEAN dengan turut fokus pada ketahanan energi dan pangan,” katanya dalam AIPA-ASEAN Leaders’ Interface Meeting di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/10/2023).

Sebagai parlemen, kata Puan lagi, AIPA harus bersama-sama menjaga perdamaian, kesatuan, sentralitas dan vitalitas ASEAN sebagai faktor yang menjamin perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Lebih jauh Puan menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam pesan AIPA atau AIPA Message yakni, ‘Responsive Parliaments for A Stable and Prosperous ASEAN’ atau ‘Parlemen yang Responsif untuk ASEAN yang Stabil dan Sejahtera’.

Hal itu sejalan dengan tema KTT ASEAN 2023 ini, yakni ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’.

Selanjutnya, sambung Puan, negara-negara Asia Tenggara perlu konsisten mempromosikan ekonomi melalui investasi hijau sekaligus mendorong keseimbangan berkelanjutan sesuai dengan kesepakatan dan kebijakan hukum di ASEAN.

Ditambah lagi, peningkatan efisiensi operasional mekanisme ASEAN dan mitra, termasuk AIPA. “Karena itu, ASEAN perlu mendorong inovasi, transfer, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan,” paparnya.

Melalui pesan AIPA, Legislator Fraksi PDI-Perjuangan itu berharap para pemimpin parlemen negara-negara ASEAN memahami pandangan dan gagasan mengenai isu-isu yang berdampak pada kawasan dari sudut pandang parlemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

FAPP: Gugatan Prabowo-Sandi Beraroma #2019GantiPresiden

JAKARTA-Anggota Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP), Petrus Salestinus menilai tuntutan

Fitra Pertanyakan Manfaat Kunker DPR

JAKARTA – Kunjungan kerja DPR dinilai tidak ada gunanya. Pasalnya,