PWKI ke Vatikan, Kardinal Suharyo:  Berdoalah Agar Paus Fransiskus Tetap Sehat

Thursday 11 Apr 2024, 10 : 46 am
by
Mayong Suryolaksono (kiri) dan AM Putut Prabantoro (kanan) saat menjelaskan rencana kunjungan Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) ke Vatikan kepada Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo (tengah), di Jakarta, Rabu (10/04/2024).

JAKARTA – Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo meminta masyarakat Indonesia mendoakan Paus Fransiskus agar tetap sehat sehingga rencana kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September mendatang terlaksana dengan baik dan lancar.

Permintaan agar umat Katolik Indonesia berdoa untuk kesehatan Paus Fransiskus disampaikan Kardinal Suharyo saat menerima kedatangan pengurus Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), di kediaman Jakarta, Rabu (10/04/2024).

Hadir dalam pertemuan itu, Mayong Suryo Laksono dan AM Putut Prabantoro (Dewan Pembina), Algooth Putranto (Bidang Komunikasi Antar Lembaga), dan Gora Kunjana (Sekretaris) serta mitra PWKI Augustinus “Didik” Dwinarmiyadi.

PWKI ini hadir dalam rangka pamitan sebelum bertolak ke Vatikan pada pekan ini.

Kepada Kardinal Suharyo, Mayong Suryo Laksono   menjelaskan bahwa kunjungan PWKI ke Vatikan merupakan yang kedua kali.

Kunjungan pertama adalah pada November 2022 dan dalam kesempatan itu PWKI bertemu dengan Paus Fransiskus, Sekretaris Negara Pietro Parolin dan  Presiden Dikasteri Hubungan AntarAgama Kardinal Miguel Ayuso.

PWKI pada saat itu juga bertemu dengan media-media Vatikan.

“Kunjungan kali ini merupakan lanjutan dari upaya kerjasama dengan media Vatikan yang sudah dirintis sejak dua tahun lalu. Jadi kunjungan kami ke sana tidak ada kaitannya dengan rencana kunjungan Paus ke Indonesia. Hanya kebetulan, momennya bersentuhan,“ ujar Mayong.

Sementara itu, Putut Prabantoro, yang merupakan pendiri PWKI menambahkan bahwa dalam kunjungan kali ini  berharap meningkat ke tahap berikutnya yang lebih konkret.

Kepada Kardinal Suharyo dilaporkan juga, kerjasama antara PWKI dan media di Vatikan antara PWKI dan media-media di Vatikan mendapat dukungan dari Dubes RI untuk Tahta Suci (Vatikan) Trias Kuncahyono.

“Sebelum Pak Dubes Trias berangkat tugas ke Vatikan, PWKI sudah menyampaikan dua hal penting terkait Indonesia yakni misionaris dan media. PWKI mendukung informasi yang berhubungan dengan perdamaian, hubungan antaragama, toleransi, keberagaman, budaya dan lingkungan hidup. Value ini sama dengan media-media Vatikan. Oleh karena itu berharap bahwa bahasa Indonesia dapat menjadi salah satu bahasa yang digunakan di media Vatikan, yang multi lingual,“ ujar Putut Prabantoro.

Selain itu, ditambahkan Putut Prabantoro, Gereja Katolik Indonesia mulai mengambil peran dalam misi Gereja Katolik Dunia.

Indonesia merupakan negara pengirim para missionaris terbesar di dunia.

Dan, hal ini diaku oleh Paus Fransiskus sendiri.

Mendukung

Menanggapi penjelasan tersebut, Kardinal mendukung penuh niat positif PWKI dan berharap misi dan tujuan PWKI ke depan dapat terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hasil Survei, Masyarakat Jatim Pilih La Nyalla Untuk Perbaikan Ekonomi

JAKARTA-Jelang Pilkada Jawa Timur, Juni 2018 nanti, Lembaga Kajian Pemilu

Tuntutan Paslon 02 Agar Pemilu Ulang Langgar UUD 1945

Oleh: Petrus Salestinus Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga