Renovasi Sekolah, MAMI Salurkan Dana Purifikasi Reksa Dana MSSA Rp 148 Juta

Monday 23 Mar 2020, 8 : 43 pm
by
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengenai “Penyaluran Dana Purifikasi Reksa Dana Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA)”. MAMI menyalurkan dana purifikasi reksa dana MSSA sejumlah Rp148 juta untuk merenovasi bangunan sekolah SDN Sirnajati 03, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

JAKARTA-PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) menyalurkan dana purifikasi reksa dana Manulife Syariah Sektoral Amanah (“MSSA”) sejumlah Rp 148 juta untuk merenovasi bangunan sekolah SDN Sirnajati 03 yang berada di Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Program renovasi ini berlangsung sejak 13 Januari hingga 2 Maret 2020. Dalam penyaluran dana purifikasi ini, MAMI dibantu oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika (“Dompet Dhuafa”) sebagai vendor pelaksana program.

“Program renovasi sekolah SDN Sirnajati 03 menggunakan dana purifikasi salah satu reksa dana syariah MAMI, yaitu Manulife Syariah Sektoral Amanah. Bukan menggunakan dana dari MAMI. Oleh karena itu, kami sangat berterima kepada para investor yang telah mempercayakan pengelolaan dananya di MAMI, terutama di reksa dana syariah,” ujar Presiden Direktur MAMI, Legowo Kusumonegoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

Selaku perusahaan manajer investasi yang mengelola reksa dana syariah, MAMI berkewajiban untuk memastikan seluruh reksa dana yang kami kelola terbebas dari unsur non-halal. Karena itu, sesuai dengan peraturan pengelolaan reksa dana syariah, seluruh pendapatan yang tidak sesuai dari prinsip syariah harus langsung dikeluarkan dari portofolio reksa dana.

“Sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 ini, MAMI telah menyalurkan dana purifikasi sejumlah lebih dari Rp 1,5 miliar,” katanya.

Lebih lanjut Legowo menjelaskan tentang penyaluran dana purifikasi yang baru saja selesai dilakukan.

“Tahun ini, dana purifikasi reksa dana MSSA sejumlah Rp 148 juta digunakan untuk merenovasi bangunan sekolah SDN Sirnajati 03, dibantu oleh Dompet Dhuafa selaku vendor pelaksana program. Dompet Dhuafa bertugas untuk menyeleksi dan mengajukan beberapa alternatif program ke MAMI, serta menjalankan program yang dibiayai oleh dana purifikasi MSSA,” imbuhnya.

Herdiansah, Direktur CSR Dompet Dhuafa mengatakan, awalnya, seluruh bangunan di SDN Sirnajati 03 dalam kondisi rusak parah, baik di area dalam maupun luar kelas. Hal ini membuat para orang tua enggan menyekolahkan anaknya di sekolah ini, dan lebih memilih sekolah lain yang lokasinya lebih jauh, namun memiliki bangunan yang lebih aman dan lebih bagus.

“Kami selaku vendor pelaksana, pihak sekolah, dan tentunya para murid serta guru di SDN Sirnajati 03 turut senang MAMI memilih sekolah ini untuk direnovasi dengan dana purifikasi reksa dana MSSA,” terangnya.

Program renovasi telah selesai dilakukan. Bangunan kelas 1, 2, 3, dan perpustakaan telah direnovasi total, mulai dari bagian atap, lantai, dinding, kusen, jendela, dan pintu. Selain itu, dilakukan perbaikan rabat dan saluran air, serta dibuat pula musala dan tempat wudu untuk digunakan oleh para murid dan guru.

Saat ini MAMI mengelola lima reksa dana syariah, salah satunya adalah reksa dana MSSA. Reksa dana saham yang dikelola sesuai dengan prinsip syariah ini ditawarkan ke publik sejak 21 Januari 2009 dan memiliki dana kelolaan sejumlah lebih dari Rp 239 miliar hingga akhir Februari 2020.

Pada periode yang sama (akhir Februari 2020), jumlah AUM MAMI yang dikelola sesuai dengan prinsip syariah mencapai hampir Rp 6,2 triliun, sehingga mengukuhkan posisi MAMI sebagai perusahaan manajer investasi dengan dana kelolaan syariah terbesar di industri reksa dana Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI: Kredit Perbankan Tumbuh Tinggi pada Awal 2024

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengemukakan, kredit perbankan pada awal 2024 tumbuh

Adira Catatkan Obligasi Berkelanjutan Rp1,437 Triliun

JAKARTA-PT Adira Dinamika Multifinance Tbk (ADMF) mencatatkan obligasi berkelanjutan III