Saham TELE Berpotensi Didepak dari Papan Utama Bursa

Friday 11 Jun 2021, 5 : 22 pm
by
PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan bahwa saham PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) berpotensi untuk dihapus dari Papan Utama BEI (delisting), karena perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan perangkat telekomunikasi ini sudah mengalami penghentian sementara (suspensi) transaksi saham selama satu tahun.

Potensi delisting saham TELE tersebut diumumkan BEI di Jakarta, Kamis (10/6) malam. “Dapat kami sampaikan bahwa saham dan obligasi TELE telah disuspensi di seluruh pasar selama 12 bulan, dan masa suspensi akan mencapai 24 bulan pada 10 Juni 2022,” demikian disebutkan BEI.

Berdasarkan pengumuman Bursa yang ditandatangani Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 BEI, Vera Florida, BEI dapat menghapus saham Perusahaan Tercatat apabila sudah mengalami suspensi di pasar regular dan pasar tunai sekurang-kurangnya selama 24 bulan yang sesuai dengan Ketentuan III.3.1.2.

Saham TELE yang dicatatkan perdana di Papan Utama BEI pada 12 Januari 2012, saat ini berada dalam status suspensi sejak 10 Juni 2020.

Penetapan status suspensi ini didasari oleh Pengumuman Bursa Nomor: Peng-SPT-00009/BEI.PP2/06-2020 tertanggal 10 Juni 2020 perihal Penghentian Sementara Perdagangan Efek PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE).

Menurut Vera, BEI juga dapat menghapus saham Perusahaan Tercatat, jika memenuhi Ketentuan III.3.1.1, yakni emiten mengalami kondisi atau peristiwa yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha perusahaan, baik secara finansial, hukum atau terhadap kelangsungan status perusahaan sebagai Perusahaan Terbuka, serta perusahaan tidak bisa menunjukkan indikasi pemulihan yang memadai.

Per 30 November 2020, kepemilikan publik di TELE mencapai 24,14 persen, PT PINS Indonesia sebanyak 24 persen, PT Upaya Cipta Sejahtera sebanyak 37,32 persen, PT Esa Utama Inti Persada sebanyak 6,59 persen dan Haiyanto sebanyak 7,94 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Luncurkan Layanan BNI Virtual Account ke Kemenhub

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI) turut berperan dalam

Permodalan Industri Keuangan Sangat Kuat

JAKARTA-Pasar keuangan dunia maupun nilai tukar global pada bulan Agustus